Saturday, April 13, 2013

Masjid Islamic Center Brazil di Brazilia

Islamic Center Brazil atau Centro Islamico do Brasil, merupakan satu satunya masjid di kota Brazilia Distric Federal, Ibukota Brazil.

Centro Islâmico do Brasil

Masjid Islamic Center Brazil atau Mesquita do Centro Islâmico do Brasil atau Masjid Al-Markaz Al-Islami Lil Brazil adalah Masjid terbesar di negara Brazil yang dibangun sebagai Islamic Center Nasional di Brazilia City, pusat pemerintahan federal negara tersebut. Dari sisi ukuran masjid ini merupakan masjid terbesar di Brazil, dan salah satu yang terbesar di Amerika latin, wajar karena memang lokasinya yang berada di kawasan pusat pemerintahan federal.

Berdiri diatas areal seluas 2800 m², masjid ini mampu menampung ribuan jemaah sekaligus. Arsitekturalnya merefleksikan tradisi dan budaya Islam Arabia, dibangun dengan kubah besar di atap bangunan utamanya dan sebatang menara setinggi 37 meter terpisah dari bangunan utama. Kehadiran bangunan masjid di pusat pemerintahan negara Katholik terbesar di dunia ini memang cukup menarik perhatian.

dibangun dalam tradisi Arabia, masjid ini dilengkapi dengan halaman tengah layaknya masjid masjid di Timur tengah lengkap dengan pancuran airnya.
Brazil merupakan satu dari beberapa negara di dunia yang memindahkan ibukota negara Mereka. Sebelumnya Brazil beribukota di kota pantai Rio De Janairo kemudian dipindahkan ke kota baru Brazilia City Distric Federal. Brazilia City selaku ibukota negara Brazil ini memang unik, dibangun di atas wilayah yang sebelumnya memang tak berpenghuni khusus untuk kota pusat pemerintahan federal Brazil. Bila di lihat dari udara penataan ruang kota ini mirip sebuah pesawat terbang, dengan istana presiden-nya tepat berada di kokpit. Tapal batas wilayah kota-nya sendiri nyaris berbentuk empat persegi panjang sempurna.

Lokasi Masjid

Mesquita do Centro Islâmico
Setor de Grandes Áreas Norte W5, quadra 912
Brazilia – Brazil
Phone: (61) 3273-0250
Koordinat : 15°45'11"S  47°53'59"W
Imam : Sheikh Jamaan Abdullah Al Ghamidi
Imam : Sheikh Muhamad Zidan


View Mesquita do Bras in a larger map


View Mesquita do Centro Islâmico in a larger map

Masjid ini menerima kunjungan wisatawan setiap hari kecuali hari Jum’at ditutup untuk kunjungan non muslim untuk penyelenggaraan sholat Jum’at. Tak ada data resmi berapa jumlah muslim yang tinggal di Brazilia City, meskipun menurut sensus tahun 2000 oleh the Brazilian Institute of Geography and Statistics (IBGE) muslim disana ada 27,239, namun bilamerujuk kepada The Islamic Brazilian Federation jumlah muslim di Brazil mencapai 1.5 juta jiwa.

Memang sangat sedikit informasi di internet tentang masjid di pusat pemerintahan Brazil ini. kapan dibangun, siapa yang mendanai, para pengelola dan sebagainya. Beruntung  ada satu prasasti pembangunan  yang mengatakan bahwa masjid ini dibangun oleh pemerintah Kerajaan Saudi Arabia di tahun 1990, dan lebih banyak digunakan selama jam kerja dengan jemaah dari kantor kantor kedutaan negara negara sahabat. Mengingat tidak adanya pemukiman di kawasan pusat pemerintahan tersebut, pemukiman terdekat dengan lokasi terpisah sejauh 30 Km.

   
Di seberang bangunan masjid megah ini terdapat lahan milik Islamic Center Brazil yang cukup luas dengan sebuah bangunan masjid terbengkalai tak terurus. Bangunan masjid yang dilengkapi dengan courtyard ditengahnya, berkubah tunggal dan jauh lebih besar dari masjid yang kini berdiri.

Namun, lagi lagi tidak ada informasi apapun tentang bangunan tersebut, meski satu blog di internet menyajikan foto foto tentang bangunan ini secara lengkap. bahkan videonya juga sudah tayang di youtube seperti yang sudah saya cantumkan di atas.***

Foto udara masjid Islamic Center Brazil. sebelah kiri adalah bangunan masjid yang kini berdiri megah, sedangkan sebelah kanan adalah bangunan mirip masjid yang terbengkalai tak di urus, belum ada berita pasti tentang bangunan tersebut yang lahannya masih milik Islamic Center Brazil ini.
Interior Masjid ini relatif sepi dari ornamen seperti kebanyakan masjid masjid arabia. namun kubah besar di atap masjid menjadi penanda utama-nya bersama menara tingginya yang menjulang menusuk langit Brazilia.
sebagai satu satunya masjid di kota Brazilia, masjid ini menjadi tumpuan para diplomat dan staf di kedutaan kedutaan negara sahabat yang berkantor di Brazilia dan tentu saja bangunannya yang lain dari yang lain ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Brazilia, karenanya pengurus masjid membuka diri untuk kunjungan wisatawan sepanjang minggu kecuali hari Jum'at.
Prasasti pembangunannya dibuat dalam dua bahasa, Arab dan Portugis, beruntung kemudian ditambahkan sekeping plat berbahasa Portugis dan Inggris.

Referensi

lugaresesquecidos.com.br - centro-islamico-do-brasil-brasilia
radioislambr.com – mesquitas do brasil

---------------

Baca Juga


No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA