Friday, April 12, 2013

Masjid Brás – Brazil

Masjid Bras, satu dari dua Masjid muslim Shi'ah di Brazil

A Mesquita Mohammad Mensageiro de Deus 

Nama resmi masjid ini dalam bahasa setempat memang cukup panjang yakni A Mesquita Mohammad Mensageiro de Deus (S.A.A.S.) atau dalam bahasa Inggris-nya disebut Mosque Mohammad Messenger of God dan bila di Indonesia-kan menjadi Masjid Nabi Muhammad Rosulullah, namun biasa disebut sebagai masjid Brás karena memang berada di Distrik Brás kota São Paulo. Dibangun tahun 1987 oleh the Islamic Charitable Association of Brazil atau A Associação Beneficente Islâmica do Brasil (ABIB), sebuah organisasi muslim shi’ah di Brazil. Bangunan masjid ini telah mengalami restorasi di tahun 2001.

Sebagaimana dijelaskan di situs resmi mereka, A Associação Beneficente Islâmica do Brasil (ABIB) adalah sebuah organisasi kemasyarakatan tanpa kaitannya dengan politik dan ekonomi, pembentukan nya semata mata untuk mengajak semua pihak yang memiliki semangat dan berkepentingan yang sama untuk bekerja bersama dalam bidang agama, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, hukum dan aktivitas rekreasi.

Dua Mihrab satu masjid. Mungkin ini satu satunya masjid yang memiliki dua mihrab. mihrab asli berupa ceruk besar  dan tinggi disebelah kiri dibangun bersamaan dengan pembangunan masjid, namun kemudian diabaikan beberapa tahun setelah pembangunan karena ternyata arah kiblatnya salah. Barulah kemudian pengelola membangun mihrab baru berukuran kecil berlatar warna hijau di belakang imam yang sedang memberikan tauziah itu. 
Disebutkan bahwa tutama dari yang hendak dicapai oleh ABIB adalah pembetukan berbagai departemen seperti perpustakaan, sekolah, rumah sakit, panti asuhan, panti jompo, rumah singgah, pemakaman umum dan Masjid. sedangkan untuk kepentingan para da’I disiapkan departemen khusus yang menangani masalah tersebut namun masih dibawah naungan ABIB.

A Mesquita Mohammad Mensageiro de Deus (S.A.A.S.)
A Associação Beneficente Islâmica do Brasil (ABIB)
Rua Elisa Witaker, 17 - Brás CEP: 03009-030
São Paulo SP - Brazil
Tel: (11) 3315-0569 - Fax: (11) 3329-9200


View Mesquita do Bras in a larger map


View Mesquita do Bras in a larger map

Lokasi Masjid Brás berada di ujung ruas jalan Rua São Caetano, in São Paulo, menjadikannya tak terlalu sulit untuk ditemukan. Bangunan masjid ini cukup besar dengan dua menara kembarnya itu terlihat dengan jelas dari Metro Armenia.

Sebagai sebuah masjid milik muslim Shi’ah menjadi tidak aneh ketika bangunan masjid ini dibangun bentuknya mirip dengan Masjid Shah atau Masjid Imam di Naqsh-e Jahan Square, Isfahan Iran. Bangunan beranda masjidnya sangat mirip satu dengan lainnya termasuk penggunaan menara kembar yang mengapit beranda.

Mesquita Do Bras terpampang jelas di pagar depan masjid ini
Fakta menarik tentang Masjid Bras

1. Masjid Bras adalah satu satunya masjid yang dikelola muslim Shi’ah di kota São Paulo, diseluruh Brazil hanya ada dua masjid yang dikelola oleh muslim shi’ah dan salah satunya adalah Masjid Bras ini.

2. Pada saat pembangunnya masjid ini dilengkapi dengan sebuah mihrab yang berukuran luar biasa besar namun beberapa tahun kemudian disadari bahwa arah kiblat masjid ini bermasalah, tidak tepat mengarah ke Ka’bah di kota Mekah, karenanya kemudian pengurus masjid membuat mihrab yang lebih kecil disebelah mihrab tersebut dan mengubah seluruh barisan sajadah yang ada di ruang sholat masjid ini.


Masjid Bras saat dalam proses pembangunan
Aerial view Masjid Bras
Interior Masjid dengan hamparan karpe serta mihrab aslinya sebelum dibuatkan mihrab baru sesuai dengan arah kiblat yang benar.
di foto ini anda dapat melihat dengan jelas perbedaan arah kiblat antara mihrab asli dan mihrab baru yang kini dipakai sebagai referensi arah kiblat. meski ukurannya tak terlalu besar, masjid ini menyediakan tempat khusus untuk jemaah wanita di sisi kanan.
rancangan yang unik di interior masjid dengan bentuk seperti layaknya di dalam sebuah tenda berukuran besar. di negeri Parsi (Iran) sebagai negara berpenduduk Shi'ah terbesar di dunia, bentuk interior seperti ini dipenuhi dengan aneka warna ornamen dan ukiran islami yang sangat menarik namun juga rumit.

Referensi

Wikipedia – mesquite do bras
Filhadaalvorada -  mesquita-do-bras

---------------

Baca Juga


No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA