Monday, August 30, 2010

Tiga Masjid di Kutub Utara

Tiga Masjid Kutub Utara ; Sebelah kiri adalah masjid Al-Rahma dan Masjid Al-Noor, sedangkan yang disebelah kanan adalah Masjid Nurul Kamal di Russia.

Kita yang tinggal di Khatulistiwa seperti Indonesia dan Negara Asean, patut  bersyukur karena tak terlalu lelah berhadapan dengan 4 musim yang datang silih berganti. Tak perlu juga bertebal  tebal dan berlapis lapis baju demi menahan rasa dingin-nya salju yang hadir sepanjang tahun seperti saudara saudara kita sesama muslim di wilayah paling utara  bumi. Kutub Utara. Berikut tiga masjid yang letaknya paling utara di bumi.

1. Masjid Al-Noor, Tromsø, Norwegia

Masjid Al-Noor

Masjid Al-Noor adalah salah satu dari dua masjid di kota pulau Tromsø di Norwegia, salah satu masjid yang berada di lingkar kutub utara. Masjid ini sama sekali tidak berbentuk bangunan masjid seperti yang baisa kita kenal karena memang terletak di deretan gedung gedung modern yang merupakan kawasan hunian dan perkantoran di kota Tromso, Satu bagian kecil dari bangunan bangunan itu merupakan Alnor Senter dan sejak tahun 2006 dikenal sebagai Masjid Alnoor.


Kota Tromso memiliki populasi muslim 700 hingga 800 jiwa. dan kota tromso memiliki dua masjid. Masjid Alnoor dan Masjid AL-Rahma. Namun letak dari Masjid Alnoor memang lebih utara dibandingkan dengan Masjid Al-Rahma. Masjid Al-Rahma lebih dulu di didirikan di Tromso Baru kemudian menysusul masjid Al-Noor.

2. Masjid Al-Rahma, Tromsø, Norwegia

Masjid Al-Rahma

Selain Masjid Al-Noor, Kota Pulau Tromsø juga memiliki masjid lainnya yakni Masjid Al-Rahma yang hadir lebih dulu daripada Masjid Al-Noor namun lokasinya sedikit lebih ke selatan dibandingkan dengan Masid Al-Noor. Baik Masjid Al-Noor maupun Masjid Al-Rahma, dua masjid itu bangunannya tidak berupa bangunan masjid pada umumnya, namun merupakan bagian dari deretan gedung gedung modern yang merupakan kawasan hunian dan perkantoran di kota Tromso, Norwegia.



3. Masjid Nurud Kamal, Norilsk, Russia

Masjid Nurul Kamal di Norslisk, Russia

Masjid Nurud atau Nurd Kamal, merupakan bangunan masjid dalam “bentuk masjid pada umumnya” yang terletak paling utara di bumi.  Terletak di kota Norilsk, sebuah yang tidak saja dengan iklim paling extrim tapi juga merupakan kota yang masuk ke dalam 10 kota paling tercemar di Bumi.

Nurd Kamal, Mechet' / Нурд Камал, Мечеть
ул. 50 лет Октября, 2а, Norilsk, Krasnoyarskiy kray, Rusia, 663305
+7 391 942-11-49



Kota Norilsk dibangun tahun 1930 di daerah yang begitu kaya dengan kandungan tambang logam. Dan kini pabrik pabrik pengolahan logam itu setiap hari melepaskan asap tebal bercampur asam ke udara. Suhu di kota ini benar benar extrim mencapai minus 58 derajat dan senantiasa bersalju selama 250 hinga 270 hari sepanjang tahun. 250 – 270 hari dalam setahun, dengan badai salju mencapai 110-130 hari. Masjid Nurud Kamal di buka tahun 1998, dibangun oleh Mukhtad Bekmeyev, warga asli Norilsk beretnit Tatar.  Populasi Muslim di Norilsk mencapai 50,000 jiwa.

No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA