Friday, October 1, 2010

Masjid Masjid bergaya Tiongkok di Indonesia

Indonesia memang sangat kaya dengan ke aneka ragaman budaya, sampai kepada arsitektur masjid pun begitu beragam. Seiring dengan reformasi yang bergulir sejak 1998 lalu, kungkungan terhadap etnis tertentu di negeri inipun tergerus habis. Seiring perjalanan waktu. Saudara saudara muslim Tionghoa Indonesia yang semasa pemerintahan sebelum reformasi tak bebas mengekspresikan budaya mereka kini tak lagi harus merasa takut menunjukkan jati diri sebagai bagian dari anak bangsa Republik tercinta ini. 


Badarudin II - Palembang
Fakta sejarah membuktikan bahwa pengaruh budaya Tiongkok memang sudah sejak lama mempengaruhi arsitektur masjid masjid tua di Indonesia. Sebut saja diantanya adalah Masjid Nasional Sultan Mahmud Badarudin II di Kota Palembang dan Masjid Hidayatullah di kawasan Karet, Setiabudi, Jakarta yang begitu kental dengan nuansa Tiongkok nya.

Beberapa Masjid baru dengan arsitektur sangat Tiongkok telah berdiri di beberapa kota di Indonesia. 3 masjid telah di bangun di 3 kota yang ketiga nya sama sama mengabadikan nama Laksamana Cheng Ho sebagai nama Masjid. Sebagaimana kita ketahui Laksamana Cheng Ho memiliki andil begitu besar bagi penyebaran Islam di kawasan Nusantara di era awal masuknya Islam ke Indonesia.

Masjid Hidayatullah, Setiabudi
Jakarta
3 masjid yang sudah berdiri tersebut adalah ; Masjid Cheng Ho Surabaya, Masjid Cheng Ho Palembang dan Masjid Cheng Ho Pasuruan. Sementara dua kota berikutnya juga berencana akan membangun masjid Cheng Ho sebagai bentuk penghormatan atas jasa jasa  beliau. Dua kota yang sudah berencana membangun Masjid Cheng Ho Beikutnya adalah Gowa di Sulawesi Selatan dan Jember di Jawa Timur.

Selain masjid masjid Cheng Ho tersebut, masih ada lagi masjid masjid bergaya Tiongkok di Indonesia tapi tidak menggunakan nama Laksamana Cheng Ho. Masjid masjid tersebut adalah : Masjid  Tan Kok Liong – Cibinong, Jawa Barat, Masjid di komplek Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang, Masjid Lautse Jakarta dan Masjid Lautze2 di Bandung.

Masjid Cheng Ho - Surabaya
Masjid Cheng Ho - Palembang
Masjid Cheng Ho - Pasuruan
Masjid Tan Kok Liong - Cibinong
Masjid di Komplek Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang
Masjid Lautze, Pasar Baru - Jakarta
Masjid Lautze 2 - Bandung

Kesemua masjid yang bergaya Tiongkok tersebut  tidak lantas berarti hanya boleh dipakai dan digunakan oleh Muslim Tionghoa saja. Tapi sebagaimana fungsi masjid, keseluruhan masjid tersebut dibangun untuk digunakan oleh seluruh kaum muslimin tanpa memandang  suku, bangsa, ras, wana kulit, golongan dan lain sebagainya.

Uniknya dari 7 masjid tersebut di atas, tidak semuanya di dirikan oleh komunitas Muslim Tionghoa Indonesia, masjid Cheng Ho Pasuruan didirikan oleh Pemkab Pasuruan, sedangkan Masjid di Komplek Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang didirikan oleh Muhammadiyah. Ke tujuh masjid tersebut akan di ulas lebih detil dalam 7 posting berikut di blog ini dengan tag ‘serial masjid begaya Tiongkok di Indonesia’.

No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA