Sunday, March 31, 2013

Masjid Pusat Studi dan Dakwah Islam (PUSDAI) Jawa Barat (Bagian-2)

Sisi depan Masjid PUSDAI di Bandung - Jawa Barat

Fasilitas Dan Sarana Pendukung PUSDAI

Fitur utama komplek PUSDAI ini adalah bangunan Masjid yang biasa disebut dengan nama Masjid PUSDAI berkapasitas 4.600 orang dan dilengkapi dengan fasiltas pendukung berupa  Ruang Seminar Besar (Ruang Cendekia C) berkapasitas 100 orang, Ruang Seminar Kecil (Ruang Cendekia D) berkapasitas 40 orang, Gedung  Bale  Asri (Gedung Serba Guna) berkapasitas 2.000 orang untuk acara pertemuan, seminar, resepsi, pameran, dan sebagainya, Ruang Pameran Mushaf Sundawi, Ruang Perkantoran, Tempat Wudhu Pria dan Wanita, Perpustakaan dan Lembaga Bahasa, Kantin, Wartel, dan CafĂ©, Area Parkir, Ruang Multimedia, Ruang Lumbung Zakat Pusdai dan Ruang Galeri Pusdai.

Sumber dana Pembangunan

Pembangunan seluruh bangunan kompleks Pusdai Jawa Barat itu telah menghabiskan biaya sebesar Rp 27 Milliar. Sebagian besar sumber dana diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat, dimulai dari tahun anggaran 1991-1992  sampai  dengan  tahun  anggaran 1997/1998. Dan menghabiskan biaya sekitar Rp 49 Milliar.

Aireal View Masjid Pusdai Bandung - Jawa Barat
Kiblat dan Uswah Dakwah Islam

Pembangunan Pusdai di kota Bandung ini dilatarbelakangi keinginan untuk menjadikannya sebagai kiblat dan uswah (teladan) dakwah Islam yang mengemban dua fungsi utama yakni sebagai sarana pengembangan dan penyebaran Islam serta kebudayaan Islam di Jawa Barat dan sebagai pusat penggodokan sumber daya manusia umat Islam yang berdaya cipta dan berdaya pembaharuan yang beriman, bertakwa, serta berilmu pengetahuan.

Disamping dua fungsi utama tersebut, Purdai juga memegang lima fungsi lainnya yang begitu penting yaitu sebagai mediator silaturahim antar umat  dengan ulama, umat  dengan umaro, ulama dengan ulama, ulama dengan umaro, dan umat dengan masyarakat umum. Sebagai fasilitator yang menyediakan fasilitas dan berbagai aktivitas umat dalam merealisasikan sebagian progamnya. Sebagai Inovator terdepan dalam pengembangan pemikiran dan aktualisasi ajaran Islam. Sebagai koordinator yang mengkoordinir aktivitas lembaga umat Islam Jawa Barat. Dan mengemban fungsi dinamisator, sebagai salah satu lokomotif dakwah Islamiyah di Jawa Barat.

Arsitektur Indonesia sangat kental pada struktur atap masjid dipadu dengan arsitektur kontempore pada menara, dan bagian bagian bangunan lainnya.
Arsitektur Masjid PUSDAI Jawa Barat

Dirancang oleh arsitek Slamet Wirasonjaya. Masjid dua lantai dan dilengkapi satu menara ini dapat menampung sekitar 4000 jamaah. Bentuk kubah pada masjid ini berbeda dengan kubah pada umumnya, kubah berbentuk atap kayu simpang susun bertingkat. Rangka atapnya menggunakan struktur baja dengan mengadopsi bentuk atap bangunan tradisional Indonesia.

Secara keseluruhan arsitektur masjid PUSDAI dilihat sekilas pun langsung menyiratkan muatan lokal yang begitu kental, dengan sentuhan modern. Gedung yang cukup megah tanpa kehilangan ke arifan lokal.

Ruang Utama Masjid Pusdai
Interior masjid didominasi oleh batu marmer dan profil kayu serta dihiasi dengan sejumlah tulisan kaligrafi dengan hiasan motif etnis di beberapa bagian. Bagian mihrab yang dihiasi ornamen kayu dibuat leluasa dengan luas lebih kurang 30m2.

Selain bangunan utama masjid, PUSDAI ini dilengkapi pula dengan berbagai sarana untuk kepentingan syiar ummat diantaranya adalah Plaza, ruangan seminar besar dan kecil, perpustakaan elektronik, pusat bahasa, auditorium, Galeri Al Qur’an dan Laboratorium Al Qur’an, klinik kesehatan, kafetaria, dan area parkir yang luas. Koneksi antara bangunan satu dan lainnya dihubungkan oleh sejumlah koridor yang berfungsi untuk melindungi jamaah dari panas dan hujan.

salah satu sisi Masjid Pusdai dari balik lengkungan koridor
Salah satu sarana unik yang ada di sini adalah galeri AI Qur’an mushaf sundawi yang berada di bagian timur bangunan. Al Qur’an ini dibuat dengan tulisan yang diperkaya dengan motif-motif Islami khas Sunda, seperti misalnya motif batik Sunda dan motif tanaman-tanaman khas Jawa Barat.

Selain menyelenggarakan berbagai aktivitas ibadah sejumlah kegiatan lainnya rutin diselenggarakan oleh Pusdai, di antaranya adalah kuliah dhuha tiap hari Ahad di ruang seminar (09.00-10.30 WIB), kursus berbagai bahasa asing, kajian tafsir, diskusi keislaman, dan seminar, dan sebagainya .


Pengelolaan Pusdai

Awal April 2010, pengelolaan aset Pusat Dakwah Islam (Pusdai), diambil alih oleh Pemprov Jabar. Melaluai Surat Keputusan Gubernur Jabar tentang penarikan kembali aset Pusdai ke Pemprov Jabar, yang menetapkan tim pengelola transisional Pusdai Jabar yang selama ini dikelola oleh Yayasan Pusdai. walaupun aset Pusdai Jabar ditarik kembali oleh Pemprov Jabar, tetapi fungsi-fungsi yang telah melekat di Pusdai Jabar tetap akan berjalan seperti biasa.

Penarikan aset Pusdai itu sebagai bagian dari program Pemprov Jabar untuk menata dan menertibkan aset-aset yang dikerjasamakan, dipinjamkan, atau digunakan oleh yayasan. Hal itu dilakukan sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, yang mengharuskan keseimbangan antara neraca aset dan neraca keuangan, yang nantinya akan disebut sebagai neraca daerah. Di sisi lain, undang-undang tentang yayasan pun mengatur bahwa yayasan tidak boleh lagi menggunakan aset pemerintah.

RIBUAN umat Muslim melaksanakan shaalat Jumat pertama di Bulan Ramadan, di Masjid Pusdai, Jln. Diponegoro, Kota Bandung.
Selain alasan tersebut, juga ada masukan dari Kantor Perwakilan BPK RI di Bandung bahwa pengelolaan aset Pusdai oleh yayasan tidak memberikan keuntungan yang jelas bagi Pemprov Jabar. Pengelola pusat pengembangan itu akan berupa unit tersendiri di bawah Pemprov Jabar. Namun, untuk masa transisi akan ditetapkan tim transisional yang terdiri dari unsur pemerintah dan yayasan yang mengelola Pusdai. Tim itu bekerja, setelah Gubernur Jabar mengeluarkan SK pembentukannya. ***

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Masjid Pusdai

Referensi

Situs Pusdai - http://pusdai.com (broken link)
archnet.org - PUSDAI Islamic Center

----------------------------------oooOOOoo-------------------------------------

Baca Juga Artikel Masjid Lainnya


1 comment:

  1. PUSDAI(PUSAT DAWAH ISLAM)HEBAT
    DARI(RAFLY)ANAK MAMAN

    ReplyDelete

Dilarang berkomentar berbau SARA