Thursday, May 31, 2012

Masjid Katedral, Masjid Agung kota Moskow – Rusia (Bagian II)


Masjid Katedral Moskow. foto kiri : Bangunan asli. foto kanan : rencana bangunan masjid Katedral  dengan latar belakang Stadion Olimpiade Moskow

Proyek Perluasan Masjid Katedral Moskow

Masjid Katedral Moskow merupakan masjid tertua kedua di Moskow, berdiri sejak tahun 1904, (bila di Indonesia masjid ini hampir seumur dengan usia Masjid Raya Al-Mashun di kota Medan). Masjid Katedral di rancang dalam gaya Byzantium (Romawi Timur) oleh arsitek Nikolay Zhukov. Sebuah masjid yang sangat klasik lengkap dengan kubah besar dan menara. Keseluruhan dana pembangunan masjid ini ditanggung sendiri oleh saudagar muslim kota Moskow bernama Saleh Yusupovich Erzin

Namun sayangnya kita tidak akan pernah lagi bisa melihat keindahan masjid rancangan Nikolay Zhukov itu, karena bangunan tersebut sudah dirobohkan pada tanggal 11 September 2011 untuk dibangun masjid baru di lokasi yang sama dalam ukuran yang berkali kali lipat lebih besar guna mengakomodir jemaah yang semakin membludak.

Masjid Katedral Moscow dengan dua menara nya yang sedang dalam proses pembangunan (foto dari panoramio)
Rencana perluasan masjid Katedral ini mulai digulirkan pada peringatan se-abad masjid Katedral 28 Mei 2004,, dalam acara tersebut turut dihadiri oleh wakil walikota Moskow Mikhail Men, Pesiden Muftiyat Rusia sheikh Ravil Gainutdin, Sekjen World Islamic Call Association (Libya) Mohamed Ahmed Sheriff, Mufti Kyrgyzstan Murataev Agee Zhumanov, Mufti Republik Kazakhstan Abdsattar Derbesali, mufti Tajikistan Amanullo Nemadzade, Wakil presiden OSCE Parliamentary Assembly (Turkey) Mevzet Yalchintash dan Imam-Khatib Masjid Katedral Moskow Hazrat Biljalov Rais.

Rencana perluasan masjid tersebut telah disetujui oleh Presiden Medvedev yang tercatat sebagai satu satunya presiden yang pernah berkunjung ke Masjid Katedral Moskow. Sedangkan Perdana menteri Vladimir Putin menjadi orang pertama yang menyampaikan ucapan selamat atas perayaan se-abad Masjid Katedral Moskow.

Bangunan lama Masjid Katedral sebelum dibongkar diantara sepasang menara raksasa Bangunan Masjid Katedral Baru yang sedang dibangun (foto dari wikimapia)
Masjid yang sedang dibangun itu menempati lahan seluas 15 ribu meter persegi, sepertiga dari area itu akan menjadi ruang utama masjid. Mampu menampung hingga 6000 jemaah (bandingkan dengan masjid sebelumnya yang berapasitas maksimum 1500 jemaah). Masih terbilang kecil dibandingkan dengan jemaahnya saat ini yang mencapai puluhan ribu. Ruang sholatnya tetap akan dibangun tiga lantai.

Masjid baru itu akan dilengkapi dengan sebuah kubah besar berdiameter 27 meter setinggi 40 meter, dan dilengkapi dengan sepasang menara setinggi 75 meter (menara masjid lama hanya 20 meter). Kubah atap dan menaranya akan di lapisi dengan lapiran tembaga dan seng titanium. Sedangkan tembok serta lantainya akan dilapis dengan pualam dan granit. Warna yang dipilih adalah paduan warna putih dan hijau.

Foto udara Masjid Katedral Moskow dari Google Earth. Sebelah kiri adalah foto tahun 2003 Saat bangunan lama Masjid Katedral masih utuh ::: foto sebelah kanan direkam tahun 2010 lalu saat sudah dimulai proses pembongkaran disekitar komplek masjid.
Area yang berdekatan dengan bangunan masjid akan dibangun gedung parkir tiga lantai dengan kapasitas 500 kendaraan roda empat sedangkan dipuncak atapnya rencanaya akan dijadikan area terbuka lengkap dengan fasilitas pemanas dan air mancur. Di hari hari besar Islam yang membutuhkan area yang luas area tersebut juga dapat difungsikan sebagai area sholat tambahan.

Sebagai fasilitas tambahan di komplek masjid ini juga akan dilengkapi dengan hotel, gedung kantor Muftiyat, serta ruang aula berkapasitas 600 tempat duduk, dilengkapi juga dengan perkantoran perwakilan bagi berbagai komunitas muslim, Pusat Kebudayaan Islam dan pertokoan yang menyediaan beraneka buku buku Islam, perlengkapan sholat hingga makanan halal yang di olah sesuai dengan syariat.



Dirobohkannya masjid tua yang sudah berumur lebih dari seratus tahun ini menuai berbagai kontroversi di tengah masyarakat Moskow dan Rusia terutama dari para pemerhati warisan sejarah arsitektural, salah satunya sebagaimana direkaman video di situs rt.com atau dapat dilihat juga di youtube.com . Gelombang protes dan keberatan dari berbagai lapisan masyarakat dari berbagai kalangan [muslim dan non muslim] tidak mengurungkan proses tersebut.

Proses pembongkaran bangunan lama masjid Katedral ini menjadi legal karena sejak ahir 2008 bangunan Masjid Katedral tidak lagi tercatat sebagai benda warisan budaya, meskipun sebelumnya di bulan Juni tahun yang sama masjid ini dimasukkan dalam daftar baru di masukkan ke dalam daftar benda warisan budaya dan monument sejarah, sehingga dengan sendirinya pada saat pelaksanaan pembongkaran, bangunan tersebut tidak terlindungi oleh undang undang cagar budaya Rusia.

Proses pembongkaran bangunan lama masjid Katedral (foto dari islamnews.ru) 
Pihak pengurus masjid dan Muftiyat Rusia berpendirian bahwa masjid tersebut sudah tidak memadai untuk menampung jumlah jemaah yang terus membludak sepanjang waktu, ditambah lagi dengan posisi kiblatnya yang sedikit melenceng. Pada awalnya, rencananya masjid ini hanya akan di preteli menjadi bagian bagian kecil untuk kemudian dirakit kembali menjadi bagian dari masjid baru yang akan dibangun dilokasi tersebut.

Ilyas Tazhiyev selaku arsitek yang ditunjuk menangani pembangunan masjid tersebut juga sependapat dengan hal tersebut. Namun kemudian keputusan berubah di tahun 2009, Muftiyat Rusia memutuskan untuk merobohkan masjid lama dengan pertimbangan bahwa bangunan lama tersebut sudah terlalu rapuh untuk digunakan kembali sehingga ditakutkan akan roboh. Sejak itu kontroversi pun merebak.

peletakan batu pertama proses perluasan Masjid Katedral Moskow pada peringatan Se-Abad Masjid Katedral Moskow (foto dari gov.cap.ru)
Masjid Katedral Moskow menjadi bangunan tempat ibadah pertama di Rusia yang dirobohkan sejak tahun 1978. Proyek pembangunan masjid baru yang lebih besar dan representative di atas lahan yang sama tersebut rencananya baru akan selesai pada tahun 2013 dan keseluruhan pembangunannya diperkirakan baru akan selesai pada tahun 2014 atau 2015.

Klik untuk membaca BAGIAN I

Foto foto Masjid Memorial Moscow

Foto Masjid Katedral Moskow . Sebelah atas adalah foto bangunan lama sebelum dibongkar ::: foto sebelah bawah adalah gambar reka komputer Masjid Katedral bila telah selesai nanti.

Proses pembangunan gedung baru Masjid Katedral (foto dari yulikasatriadaya)
Bangunan baru Masjid Katedral di sebalah kiri foto, sebelah kanan foto adalah sisa bangunan lama (foto dari rferl.org)
Bangunan baru Masjid Katedral di sebalah kiri foto, sebelah kanan foto adalah sisa bangunan lama (foto dari themoscownews)

Referensi

russian-mosques.com  - moscow cathedral mosque (berbahasa rusia)
yulikasatriadaya.blogspot.com – bulan sabit beruang merah
geo.1september.ru - the largest mosque russia
en.wikipedia.org - moscow_cathedral_mosque
wikimapia.org - moscow-cathedral-mosque

---------------------------

Baca Juga



No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA