Sunday, July 15, 2012

Masjid Agung Kuwait (Bagian I)


Masjid Agung Kuwait, bangunan terang benderang di latar belakang foto menghadap ke laut teluk Kuwait adalah Istana Istana Sief (Sief Palace), istana pemerintahan Kuwait. (foto dari islam.gov.kw)


Kuwait adalah Negara di kawasan Timur Tengah yang berbentuk Ke-Emiran, bentuk lain dari sebuah monarki yang dipimpin oleh seorang Emir. Ibukota Negara ini bernama sama dengan Negaranya, Kota Kuwait (Kuwait City). Dengan luas Negara hanya 17,820 km2 menjadikannya sebagai Negara terkecil kedua di kawasan Timur Tengah setelah Bahrain atau Negara dengan luas di urutan ke 157 di dunia.sebagai sebuah monarki Islam, hukum Islam merupakan hukum positif Negara, Majelis Al Umma merupakan dewan legislatif bagi Kuwait.

Kuwait pernah mengalami masa paling suram ketika di-invasi pasukan Iraq dibawah rezim mendiang Saddam Husein yang mencaplok Kuwait hanya dalam hitungan jam dan nyaris tanpa perlawanan. Kehancuran itu meninggalkan bekas mendalam bagi rakyat Kuwait. Sebuah museum dibangun di kota Kuwait sebagai pengingat masa masa kelam tersebut. di kota Kuwait kini juga berdiri sebuah Masjid Agung yang juga berfungsi sebagai Masjid Nasional sekaligus masjid terbesar di Kuwait. Masjid ini biasa disebut sebagai Masjid Agung Kuwait, atau Masjid Al-Kabir Kuwait.

Lokasi Masjid Agung Kuwait

Masjid Al-Kabir / Grand Mosque of Kuwait
Mubarak al-Kabir Street
Sawaber, Kuwait City, Kuwait
Koordinat geografi : 29° 22' 45.83" N  47° 58' 29.53" E


View Masjid Agung Kuwait in a larger map

Masjid Agung Kuwait berada di Mubarak al-Kabir Street / Arabian Gulf Street dikawasan Sawaber, kota Kuwait. Lokasinya berdiri berseberangan dengan Istana Sief (Sief Palace), Istana yang terkenal dengan menara Jam nya yang besar seperti layaknya Big Ben di London atau Jam Gadang di Bukit Tinggi (Sumatera Barat). Istana Sief merupakan pusat pemerintahan Kuwait, lokasinya persis berad di tepian teluk Kuwait.

Mengenal Kuwait

Resminya negara Kuwait bernama Dawlat al-Kuwait (state of Kuwait, Negara Kuwait), dipimpin oleh Emir dari keluarga Al-Sabah. Emir Kuwait saat ini dipegang oleh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah dibantu oleh perdana Menteri Jaber Al-Mubarak Al-Hamad Al-Sabah, dengan pengawasan dari Majlis al-Umma.

Peta Kuwait
Luas keseluruhan nagara Kuwait sekitar 17.820 km2 (sedikit lebih kecil dibandingkan dengan luas wilayah propinsi Nusa Tenggara Barat (18.572.32km2). Kuwait berada di ujung Timur Laut semenanjung Arabia menghadap ke Teluk Persia di sudut barat daya. Berbatasan darat langsung dengan Saudi Arabia di sebelah selatan dan wilayah Basra – Iraq di Utara. Nama Kuwait berasal dari kata dalam bahasa Arab “Akwat” bentuk jama’ daro Kut yang berarti “benteng pertahanan ditepian air”.

Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah 
Dalam sejarah Kuwait dan sekitarnya merupakan tempat bagi Sarasen (Characene), pelabuhan utama Parthian dalam perdagangan antara Mesopotamia dan India. Suku Bani Utbah yang menjadi pemukim tetap pertama di wilayah ini dan menjadi dasar bagi terbentuknya sebuah ke-Emiran modern di kawasan ini.  Pada abad ke 19 Kuwait menjadi bagian dari wilayah Emperium Usmaniah Turki. Paska perang dunia ke dua, wilayah ini membentuk wilayah Sheikh dibawah proteksi Emperium Inggris Raya. Sedangkan kandungan besar minyak di Kuwait ditemukan pada tahun 1930.

Kuwait memperoleh kemerdekaan penuh dari Inggris Raya pada tahun 1961, Negara berbentuk ke-Emiran itu menjadi Negara baru yang mendadak kaya dengan perkembangan ekonomi petro dolar nya yang tak teduga duga. Namun kemewahan yang terbina sejak kemerdekaan hancur lebur di tahun 1990 ketika Negara tetangganya Iraq di bawah rezim Saddam Hussein yang menginvasi Kuwait. Delapan bulan lamanya pasukan Iraq bercokol di Kuwait, keluarga kerajaan mengungsi menyelamatkan diri keluar negeri, pemerintahan sama sekali tidak berjalan, geliat ekonomi dan pembangunan terhenti total.

Suasana di tanggal 27 Ramadhan / 17 September 2009 di Masjid Agung Kuwait dengan jemaahnya yang membludak hingga ke area disekitarnya. Lebih dari 20 ribu jemaah memadati masjid Nasional Kuwait ini selama bulan Ramadhan dan semakin meningkat di penghujung Ramadhan.  Layanan prima dari pengurus Masjid dan kementrian terkait benar benar memanjakan jemaah masjid ini sejak dari berbuka puasa hingga Sahur (foto dari ramadan-karim.com)



















Tujuh bulan lamanya pasukan Iraq berkuasa di Kuwait. Kekuasaan sementara yang berahir dengan penyerbuan besar besaran oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika, kekuatan asing yang tidak saja mengusir Iraq dari Kuwait tapi kemudian malah berbalik menginvasi Iraq dan berujung pada penggulingan Presiden Saddam Husein dari tampuk kekuasaan hingga ke tiang gantungan.

Selama tujuh bulan Kuwait dibawah penguasaan militer Iraq, menyisakan kerusakan luar biasa. 773 ladang minyak Kuwait hancur lebur mengakibatkan bencana lingkungan yang berdampak luar biasa, kehancuran infrastruktur hingga bencana ekonomi membuat Kuwait benar benar hancur lebur alias luluh lantak. Paska pembebasan negeri itu dari pasukan Iraq, hingga kini Kuwait terus menjalin hubungan intimewa dengan Negara Negara anggota koalisi yang dulu membebaskan negerinya, terutama hubungan khusus dengan Amerika Serikat sebagai Negara koalisi utama Amerika Serikat di kawasan Teluk meskipun Kuwait bukanlah anggota NATO.

Masjid Agung Kuwait disiang hari, masjid ini merupakan masjid terbesar sekaligus sebagai masjid nasional Kuwait, Masjid Resmi Negara. Lahan Parkir masjid ini terlihat tak terlalu luas , tapi ternyata ada tempat parkir lima tingkat di bawah pelatatan yang terlihat sedikit di sisi kanan foto. (foto dari en.wikipedia)
Kuwait memang negeri yang kaya raya dengan hasil minyak buminya, tak mengherankan bila banyak pihak yang ngiler dengan kemakmurannya. Kuwait merupakan Negara terkaya nomor 11 di dunia dalam hal pendapatan per kapita penduduknya, bergelar sebagai Negara Arab dengan tingkat Perkembangan Sumber Daya Manusia (Human Development Index) paling tinggi, sekaligus menjadi Negara dengan tingkat pendapatan ekonomi tinggi dari Bank Dunia. Kuwait juga merupakan Negara yang memiliki cadangan minyak bumi terbesar ke lima di dunia, dan sumber minyak merupakan 95% dari sumber pendapatan export Kuwait dan merupakan 8)% dari sumber pendapatan pemerintah.

Islam di Kuwait

Merujuk kepada Wikipedia, Islam merupakan agama utama dan agama Negara di Kuwait. Sekitar 89% penduduk Kuwait beragama Islam. 87% merupakan Islam Suni sedangkan 13% adalah penganut Syiah, sementara sekitar 10% populasi Kuwait beragama Kristen, sebagian besar dari mereka adalah para pekerja asing di Negara itu, bukan warganegara Kuwait.

Foto Foto Masjid Agung Kuwait



Referensi

en.wikipedia.org - grand mosque (kuwait)
lonelyplanet.com - grand mosque
en.wikipedia.org - kuwait
tourism-in-kuwait.com – grand mosque
asiarooms.com - grand-mosque-in-kuwait
constructionweekonline.com - kuwait-grand-mosque-unlikely-to-collapse
crsk.edu.kw - the grand mosque

 - - - - Bersambung ke Bagian II - - - 

-------------------------------

Baca Juga


No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA