Tuesday, June 5, 2012

Masjid Euro 2012 Polandia

Empat Masjid di Empat Kota penyelenggara Euro 2012 Polandia
Pesta sepakbola Eropa empat tahunan Euro 2012 akan segera bergulir di dua Negara, Polandia dan Ukraina. Dua Negara yang dulunya pernah sama sama dalam pengaruh Uni Soviet, Ukraina sendiri bahkan pernah menjadi bagian dari Uni Soviet sedangkan Polandia dengan Ibukotanya Warsawa bahkan pernah di caplok sebagian wilayahnya oleh Soviet,sementara sebagaian lainnya dicaplok oleh Nazi Jerman. 


Paska keruntuhan Uni Soviet di awal 1990-am, dua Negara ini mengalami perubahan luar biasa. Tak tanggung tanggung Polandia bahkan kini bergabung dengan Nato yang di masa lalu justru merupakan blok yang berseberangan dengan Polandia. Kini Polandia juga bergabung dengan Uni Eropa.


Lokasi empat kota penyelenggara EURO 2012 Polandia dengan masjid-nya

Ada empat kota di Polandia yang akan menjadi tuan rumah penyelenggara Euro 2012 yakni Warsawa bertempat di National Stadium, Warsaw, Gdańsk dengan stadion PGE Arena Gdańsk, Wrocław dengan Stadion Miejski dan kota Poznań dengan Stadion Miejski (Poznań). Tahukah anda di dua Negara penyelenggara EURO 2012 ini ada komunitas muslim yang sudah eksis disana sejak berabad lalu meski jumlahnya merupakan minoritas di dua Negara tersebut. 

Ada kaum musliminnya sudah barang tentu ada pula masjidnya. Di Polandia dan Ukraina sudah berdiri beberapa masjid megah meski tentu saja tak sebanyak dan tak sebesar masjid masjid di Indonesia dan dunia Islam lainnya. Berikut masjid masjid di yang ada di kota kota penyelenggara EURO 2012 Polandia. Masjid masjid Ukraina, Insya Alloh akan menyusul di posting berikutnya.

1. Masjid Warsawa – di Ibukota Polandia

Masjid Warsawa di wiertnicza 103 Warzawa 
Warsawa atau Warszawa, ibukota Negara Polandia ini berpenduduk mayoritas Katholik, disusul oleh Yahudi dan agama agama minoritas termasuk agama Islam. Populasi Muslim di Polandia saat ini tak diketahui dengan pasti karena agama tak ditanyakan dalam pelaksanaan sensus nasional terakhir, tahun 2002. Namun, diperkirakan, di seluruh Polandia terdapat 30.000 pemeluk Islam, dengan 3.000 sampai 5.000 di antaranya adalah keturunan Tatar.

Di kota Warsawa hanya ada satu masjid bagi muslim kota itu yakni Masjid Warsawa sebuah masjid yang merupakan sebuah bangunan biasa yang dibeli oleh muslimin kota Warsawa lalu direnovasi dan di alihfungsi menjadi sebuah masjid. Untuk membedakannya dengan bangunan disekitar, muslim disana membangun ornamen beton di depan masjid ini dengan bentuk lengkungan dan kubah kubah kecil di ujung atasnya. Masjid Warsawa resmi dibuka pada tahun 1993. Bangunan di jalan Wiertnicza 103 ini, selain berfungsi sebagai masjid disini juga terdapat kantor kecil untuk urusan agama Islam dan lembaga kebudayaan islam.

Islamic Centre Warsaw
Wiertnicza 103, Warsaw, 1222 , POLAND
Phone: +48-(0)22-8429174
Fax:     +48 22 8856276
URL:    centrum.muzulmanie.pl


Lihat Islamic Centre Warsaw di peta yang lebih besar

Ruangan masjid tersebut selalu dipenuhi umat Islam terutama di hari Jum’at, hari-hari Ramadhan, Sholat Iedul Fitri dan Iedul Adha. Ketika Masjid Warsawa pertama kali dibuka, jemaah masjid ini puluhan jemaah saja. Namun kini setiap sholat jum’at ratusan jemaah memadati Masjid Warsawa dan sudah tidak tertampung oleh masjid kecil itu. Menurut informasi beberapa forum muslim di Warsawa, masih aada sekitar tiga tempat ibadah ummat Islam yang tersebar berjauhan di Warsawa. Namun tidak berbentuk seperti sebuah bangunan masjid namun hanya sebuah ruang sholat sangat sederhana.

2. Gdańsk Mosque / Masjid Kota Gdańsk

Masjid di kota Gdansk, Benar benar berwujud sebuah bangunan masjid megah tidak seperti tiga  masjid lain-nya
Masjid di Kota Gdansk ini dibangun oleh muslim Tatar di Polandia pada tahun 1990. Artisitektural masjid ini benar benar menampilkan sebuah bangunan masjid utuh sebagaimana masjid universal yang kita kenal lengkap dengan kubah dan menaranya. Masjid Gdansk memiliki multifungsi, sekaligus sebagai Pusat Kebudayaan dan Informasi Islam.Masjid Gdansk menjadi tempat yang khusus karena memiliki menara. Uniknya, Masjid di kota Gdansk ini berdekatan dengan sebuah Gereja Katholik Roma, sehingga terkadang suara azan dari menara masjid bersahutan dengan dentang lonceng gereja.

Masjid Gdansk
ul. Abrahama 17A.,
Gdansk, Pomorskie 80-278, POLAND
Phone: +48 505 173 593
            Koordinat : 54°23'27"N   18°34'20"E


Di kota Gdanks diperkirakan ada sekitar 5000 muslim Tatar yang bertahan dari tekanan luar biasa selama rezim komunis berkuasa di Polandia. Mereka tetap mempertahankan budaya dan identitas ke-Islaman mereka hingga kini. Masjid di kota Gdansk ini mulai dibangun dengan peletakan batu pertama pada September 1984, dan diresmikan tahun 1990. Selain menjadi tempat ibadah Masjid Gdansk juga dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan dan menyelenggarakan pelatihan bahasa Arab. Masjid bergaya Turki ini dirancang oleh Arsitek Polandia, Marian Wszelaki.

3. Islamic Center Wrocław

Islamic Center Kota Wrocklaw bertempat di sebuah bangunan Villa
Islamic Center Wroclaw atau biasa disebut juga sebagai Muslim Cultural and Educational Center, di kota Wroclaw ini tidaklah berwujud sebagai sebuah bangunan masjid. Islamic Center ini mengambil tempat disebuah bangunan Villa tua di kawasan St. Anthony Street, Kasprowicz 24, Wroklaw. Polandia. Bangunan tersebut dibeli oleh Asosiasi Kebudayaan dan Pendidikan Muslim kota Wrockla dibawah penanganan para tokoh muslim setempat.

Islamic center Wroclaw
al. Kasprowicza, 24,
Wroclaw, 51-137, POLAND
Phone: +48 71 325 53 20
Fax:     +48 71 326 00 26
URL:    www.islam.net.pl


View Aleja Jana Kasprowicza 24 in a larger map

Islamic Center ini juga menjadi rumah bagi Liga Muslim di Polandia cabang kota Wrocklaw yang diketuai oleh Dr. Abdul Salam Al-Medhagi dan Asosiasi Mahasiswa Muslim Polandia cabang Wrocklaw yang diketuai oleh Osama Samara. Lantai paling bawah bangunannya digunakan bagi dua ruang kelas dan dapur. Sementara lantai dasarnya difungsikan sebagai Ruang Sholat dan kamar mandi, toilet dan area berwudhu. Sedangkan lantai dua masjid digunakan sebagai kantor bagi Direktur Islamic Center Wrocklaw, Dr Imam Ali Abi Issa. Selain itu dilantai ini juga menjadi kantor Editor Majalah Islam “As-Salam”, tiga ruang kelas dan perpustakaan.

Selain menjadi pusat peribadatan komunal muslim Wrocklaw, termasuk penyelenggaraan sholat fardhu lima waktu berjama’ah, sholat Jum’at dan dua hari raya, Islamic Center ini juga mengelola Remaja Masjid (Youth Club) dengan beragam aktivitasnya, sekolah dasar Islam, eksebisi dan pameran Islam yang biasa diselenggarakan dengan tajuk “Mosque Open Day”, dan menerbitkan Majalah Islam As-Salam.

4. Muslim Cultural Center, Poznan

Pusat Kebudayaan Islam Kota Poznan bertempat dibangunan layaknya Ruko.
Sama seperti di kota Wrockla, di kota Poznan ini, satu satunya masjid yang ada tidaklah berwujud sebagai sebuah bangunan masjid umumnya. Masjid Kota Poznan inipun bahkan tidak menyebut dirinya sebagai masjid tapi sebagai Pusat Kebudayaan Islam Posznan atau Muslim Cultural Center Poznan (MCCP) yang dalam bahasa setempat disebut sebagai Muzułmańskie Centrum Kulturalno Oświatowe (MCKO).

Muzułmańskie Centrum Kulturalno Oświatowe
Ul. Biedrzyckiego 13 · Poznań · 60-272
Masjid · Organisasi Keagamaan
Phone : +48 61 864 10 48
Fax: +48 61 864 10 48
Situs resmi : http://mcko.pl
Facebook account : MCKO.Poznan


Meski berukuran kecil, Muslim Cultural Center Poznan dilengkapi dengan fasilitas ruang sholat beserta pendukungnya yang sudah dipisahkan untuk jemaah pria dan wanita. MCKO ini begitu padat dengan beragam aktivitas syiar Islam. Setiap pecan MCKO mengadakan ta’lim yang bertajuk “Discover Islam", yang menjadi rangkaian kuliah umum tentang Islam serta kebudayaan dan tradisi Muslim. Dan satu penggalan status update-nya di akun face book mereka tanggal 4 Juni 2012 berbunyi  “….we do not have camels :)”. Sebuah gurauan dan sindiran yang cukup menarik.

Jadi, bila memang sudah packing barang, booking tiket penerbangan dan sebagainya, jangan lupa ya, di ingat ingat alamat masjid di atas. Pesan orang tua dan para guru “nonton bola sih nonton bola, tapi, dimana tempat pun bila dah tiba waktu-nya, kudu sholat dulu. Dan sholat yang utama bagi muslim adalah di masjid. Dan bila sedang di empat kota penyelenggara Euro 2012 di Polandia, ada baiknya singgah sebentar ke masjid masjid tersebut. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.

Referensi

bujangmasjid.blogspot.com - Masjid Warsawa
putrahermanto.wordpress.com - suku-tatar-muslim-di-negara-polandia
orient.uw.edu.pl - mosques in poland. past and present [pdf.file]
openaccess.leidenuniv.nl - an old muslim mommunity of poland: the Tatars [pdf.file]
foursquare.com - mosque-wroclaw
islamicfinder.org – islamic center wrocklaw
foursquare.com - mosque Wroclaw [foto & map]
wroclawweekly.pl - mosque-open-day
crescentrating.com - muslim-cultural-center-poznan-poland [foto & map]

--------------------------------------

Baca juga artikel masjid masjid di Eropa



1 comment:

  1. Hі there all, here evеry one iѕ ѕhаring
    thеsе famіlіarіtу, so it's pleasant to read this web site, and I used to pay a quick visit this weblog everyday.
    Feel free to visit my webpage gdansk centrum

    ReplyDelete

Dilarang berkomentar berbau SARA