Saturday, May 26, 2012

Masjid Yardyam (Мечеть Ярдям) Moskow - Rusia


Masjid Yardyam, Masjid Yarjam atau Masjid Yardem - Moskow (foto dari Panoramio)

Masjid Yardyam atau Masjid Yarjam atau Masjid Yardem merupakan satu dari empat masjid di kota Moskow. Masjid Yardyam adalah bagian dari kompleks rohani dan pendidikan terpadu agama-agama tradisional Rusia, di kawasan tempatnya berdiri di distrik timur laut Moskow, juga berdiri bangunan gereja Ortodoks, Sinagog dan Vihara Budha pertama di Moskow. Yardyam yang dipakai menjadi nama masjid ini diambil dari bahasa Tatar, bila diterjemahkan berarti "membantu."

Masjid Yardyam ini sangat unik dan mungkin tiada duanya, Masjid nya terdiri dari dua bangunan masjid. Satu bangunan masjid bagi golongan Sunni dan satu masjid lagi bagi golongan Syiah. Perbedaan dapat dijumpai ketika azan shalat jumat  antara kedua masjid. Bagi yang Sunni melaksanakan sholat di masjidnya, pun demikian dengan yang Syiah. Meski berbeda dalam tata cara beribadah, mereka tetap rukun. Dari segi umur masjid Yardyam ini seumur dengan Masjid Memorial di Poklonnaya Hill.

Alamat dan Lokasi Masjid Yardyam (Мечеть Ярдям)

Masjid Yardyam (Мечеть Ярдям)
Khacaturyana street, 8. Metro station Otradnoe
Phone : 8 (499) 903-6088
Situs resmi : http://www.yardyam.ru


Lihat Masjid Yardyam (Мечеть Ярдям) di peta yang lebih besar

Perjalanan dari Otradnoe Metro, jika cuaca memungkinkan, masjid Yardyam dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 10 menit. Jika Anda menggunakan taksi dari stasiun kereta bawah tanah ke masjid ini ongkosnya kira kira seratus rubel. Kubah masjid yang tinggi dan ramping dapat jelas terlihat dari stasiun metro otradnoe.

Pembangunan masjid ini dimulai pada musim gugur oktober tahun 1996 atas inisiatif badan keagamaan tatar “Hilal“. Masjid ini diresmikan oleh organisasi islam Yardem pada saat perayaan 850 tahun kota Moskow pada 14 September 1997. Arsitektur asli masjid terdiri atas dua menara. Ini mengingatkan kita pada gaya pembangunan masjid di Asia Tengah, Iran dan negara-negara Muslim lainnya di Timur tengah. Masjid di Otradnoe ini termasuk dalam kompleks bangunan keagamaan dari tiga agama besar di Rusia yakni Kristen, Islam dan Yudaisme.


Sejarah Masjid Yardyam

Pembangunan masjid ini dimulai pada musim gugur di bulan Oktober 1996 atas inisiatif Yayasan Hilal yang merupakan badan keagamaan muslim Tatar. Proses pembangunan selesai dilaksanakan dan diresmikan oleh organisasi islam Yardem bertepatan dengan perayaan 850 tahun kota Moskow pada tanggal 14 September 1997.

Bangunan Masjid Yardyam menempati areal seluas 2 hektar. Dilengkapi dengan taman yang tertata rapi, 2 menara masing masing setinggi 41.5m, kubah utama masjid setinggi 26 meter serta fasilitas fasilitas pendukungnya. Keseluruhan bangunan masjid mampu menampung hingga dua ribu jemaah yang ditampung di area sholat utama, basement serta ruang galeri.

Dua masjid untuk dua aliran di lokasi yang sama, sebuah hal yang sangat menarik (foto dari panoramio)
Pelaksanaan proyek pembangunan masjid Yardyam ditangani oleh orang dalam Yardyam sendiri bernama Bayazitov Ryashit Zhabbarovich (1960). Beliau adalah tokoh akademisi Tatar, ketua perkumpulan muslim Siberia, akademisi di International Slavic Academy of Sciences, International Academy of sciences of nature and society dan the Academy of Natural Sciences.

Beliau berasal dari distrik Kamkin Sergachskogo di wilayah Nizhny Novgorod. Sejak tahun 1993 mengepalai Lembaga Keagamaan Yardyam, di tahun 1997 menjadi yayasan "Religious tolerance and concord", dan kemudian menjadi Yayasan Hilal yang merupakan yayasan Kebudayaan dan Keagamaan Tatar. Yayasan Hilal ini yang kemudian berinisiatif membangun Majsid Yardyam.

Masjid Yardyam dari arah jalan raya (foto foto dari escapediff.tumblr.com)
Beliau begitu banyak berjasa dalam membangun dan merenovasi masjid di berbagai kota di Rusia. Termasuk madrasah makhinur di Nizhny Novgorod, kampung halamannya, dan turut mendanai pembangunan gedung kantor di depan Masjid Katedral Moskow yang kemudian menjadi kediaman Doumar di tahun 1994.

Aktivitas Masjid Yardyam - Moskow

Masjid Yardyam memiliki fasilitas aula yang dapat digunakan untuk berbagai acara. Masjid juga menyediakan produk makanan halal yang di tangani oleh para koki profesional. Tersedia juga daging segar yang dijamin kehalalannya, produk produk setengah jadi termasuk susu, madu, makanan kaleng, air minum dalam kemasan dan sebagainya. Masjid Yardyam juga melayani jasa penyelenggaraan jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani hingga pengantaran ke pemakaman sampai proses pemakamannya.

Jemaah sholat idul fitri yang membludak di Masjid Yardyam (foto dari islamnews.ru)
Selain menyelenggarakan pelaksanaan sholat fardhu (Namaz) lima kali sehari termasuk sholat fardhu Jum,at dan dua hari raya serta layanan lainnya, Masjid Yardyam ini juga dilengkapi dengan gedung tiga lantai yang berfungsi sebagai pusat pendidikan dan  administrasi yang menargetkan pendidikan terhadap 250-300 santri secara berkelanjutan dengan materi berupa bahasa Arab, Bahasa Tatar, Qur’an, akidah dan sejarah Islam. Di gedung yang sama juga menjadi kantor yayasan Hilal.

Sebagaimana masjid masjid lainnya di kota Moskow, masjid Yardyam menjadi satu dari empat masjid yang ada di Moskow lainnya, masjid Yardyam juga dipadati jemaah hingga ke jalan raya pada pelaksanaan sholat fardu jum’at apalagi di dua sholat hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha. Kondisi yang memang tak bisa dihindari karena kurangnya masjid di kota Moskow.

Pengelolaan Masjid Yardyam - Moskow

Masjid Yardyam dibangun dan dikelola oleh muslim Rusia bersama Yayasan Hilal. Berikut ini susunan pengurus dan pengelola masjid Yardyam saat ini :

Presiden : RJ Bayazitov.
Imam-Khatib : Z.A Khasyan
Imam-Khatib : FM Saifullin
Imam-Khatib : IA Valitov
Imam : TA Valitov
Imam : IA Valitov

Foto Foto Masjid Yardyam

Interior Masjid Yardyam ini terbilang sederhana saja (Foto dari yardyam.ru)
Mimbar dan Mihrab Masjid Yardyam Moskow yang sepi ornamen (foto dari foursquare.com)
Tiga Menara untuk dua Masjid, dalam dinginnya musim Salju kota Moskow (fotki.yandex.ru)
Mihrab di masjid Yardyam ini yang polos polos saja tanpa ukiran ataupun ornamen apapun (foto dari escapediff.tumblr.com)
Teduh diantara rindangnya pepohonan (foto dari esosedi.ru)
sebuah pemandangan baru di kota Moskow paska keruntuhan Uni Soviet, ketika umat beragama bebas menjalankan peribadatan, termasuk umat Islam yang hingga kini masih kekurangan masjid dan harus berdesakan sholat di jalan raya di sekitar masjid Yardyam Moskow (foto dari station.ru)

Referensi

ayseningazetesi.blogspot.com  - masjid di moskow (berbahasa turki)
ades-rumahalquran.blogspot.com - masjid masjid di moskow
situs resmi masjid yardyam - www.yardyam.ru (berbahasa rusia)
shigiri.ru - masjid yardyam (berbahasa rusia)
yulikasatriadaya.blogspot.com - bulan-sabit-beruangmerah-pernahkahanda

---------------------------

Baca Juga



No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA