Saturday, March 24, 2012

Masjid King Fahd di Banjul, Gambia

Masjid King Fahd / King Fahad Mosque / The Central Mosque of Banjul
Gambia (foto dari Flickr)
Masjid Raja Fahd di Banjul atau The Central Mosque of Banjul adalah Masjid Nasional Republik Gambia yang berada di pusat kota Banjul, Ibukota Republik Gambia. Gambia merupakan Negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Kota Banjul bukanlah kota terbesar di Gambia, namun merupakan Ibukota pemerintahan Negara, mengingat letaknya yang tepat berada di muara sungai Gambia yang mengalir ke Samudera Atlantik.

Republik Gambia berada di pantai barat benua Afrika, berada ditengah tengah Negara Senegal, wilayah Negara Gambia berada disisi kiri dan kanan Sungai Gambia dari hulu hinga ke hilir dengan lebar tak lebih dari 48km, menjadikannya sebagai Negara dengan wilayah terkecil di benua Afrika. Keseluruhan penduduk hanya 1.5 juta jiwa dan luas wilayah hanya seluas 11,295 km2 setara dengan luas propinsi Gorontalo (11,257 km2) di Pulau Sulawesi - Indonesia.

Republik Gambia, Memanjang disepanjang sisi kiri dan kanan sungai -
Gambia dengan lebar luas negara tak lebih dari 48Km.
Ada beberapa suku bangsa di Negara ini terdiri dari Mandika, wolof, Fula dan Jola yang secara turun temurun merupakan penganut Islam. 95% dari keseluruhan penduduk Gambia merupakan penganut Islam meskipun begitu kebebasan beragama dijamin di Gambia.

Tentang Gambia

Gambia memperoleh kemerdekaan dari Inggris tahun 1965 setelah sebentar membentuk Negara federasi Senegambia bersama Senegal antara tahun 1982 dan 1989. Di tahun 1991 kedua Negara tersebut menandatangani kesepakatan persahabatan dan kerjasama (a friendship and cooperation treaty) sebuah kudeta militer mewarnai Gambia di tahun 1996 menggulingkan presden dan melarang kegiatan politik.

Menara kembar masjid King Fahd Menjulang diantara bangunan di pusat
kota Banjul - Gambua (foto dari my -world.travelguides.com)
Pada tahun 1996 diselenggarakan pemeilihan presiden dan konsitusi dilanjutkan dengan putaran pemungutan suara di parlemen tahun 1997 mengembalikan Negara tersebut kepada hokum hokum sipil. Di tahun 2001 dan 2002 Gambia menuelengarakan lagi putaran pemilihan presiden dan anggota legislatif dan kedua nya dimenangkan oleh pelaku kudeta Yahya A. J.J Jammeh sebagai presiden.

Ekonomi Gambia

Gambia memiliki sumber sumber daya alam berupa cadangan mineral dan sedikit sumber daya pertanian (ingat luas Negara ini memang tidak terlalu luas). Sekitar 75% dari penduduk Negara ini memang sangat tergantung pada cadangan bahan pertanian bagi kebutuhan hidup mereka. Industry manufaktur sekala kecil juga beroperasi dinegara ini terdiri dari pemrosesan kacang dan ikan. Angka pengangguran cukup tinggi di Negara ini, meskipun pemerintah berjanji untuk meningkatkan layanan umum dalam periode dua tahun mendatang meskipun dibayang bayangi depisit anggaran Negara.

Menara kembar Masjid King Fahd Banjul crescentrating.com
Gambia dalam Angka

Populasi : 1,797,860 (perkitaan Juli 2011 est.) Rangking dunia #148
Tingkat harapan hidup saat kelahiran : 63.51 years. World Rank #175
Kelompok Etnis : Afrika 99% (Mandinka 42%, Fula 18%, Wolof 16%, Jola 10%, Serahuli 9%, Etnis lainnya 4% dan non-Afrika 1%
Agama : Muslim 95%, Kristen, kepercayaan tradisional lainnya 5%
Bahasa: Bahasa Inggris (Resmi), Mandinka, Wolof, Fula, dan bahasa suku suku lainnya
Kemampuan baca tulis : 40.1% pria : 47.8% - wanita: 32.8%
Pendidikan dasar : 9 tahun

Lokasi Masjid King Fahad Banjul

Masjid King Fahd berada di Kota Banjul, Ibukota Republik Gambia. Di ruas Jalan Box Bar Road, berseberangan dengan tugu peringatan para pejuang tak di kenal di pusat kota Banjul.

Koordinat Geografi : 13°27'25"N   16°34'58"W
See in wikimapia


Masjid King Fahd (The King Fahad Masjid) merupakan merupakan salah satu masjid terbesar dan dikenal luas di Gambia. Bangunan masjid yang dilengkapi dengan menara kembar mirip dengan menara masjidil Haram di Mekah Al-Mukarromah. Dua menara kembarnya yang begitu megah ini memberikan warna sendiri bagi langit kota Banjul. Arsitektural masjid ini memang mewakili arsitektural arab di Gambia mekipun juga menyerap beragam seni arsitetural Banjul.

Arsitektural modern pada masjid ini memberikan arti baru kepada gaya tradisional sebuah masjid. Pintu masuk utama masjid dilengkapi dengan bukaan lengkungan besar sedangkan bangunan menaranya merupakan bangunan menara dengan denah segi delapan. Sedangkan warna cerah yang dipakai pada masjid ini memberikan kesan mewah.

Masjid King Fahd Banjul (foto dari trekearth.com)
Masjid King Fahd di Banjul dibangun tahun 1988 menggantikan bangunan masjid yang dibangun tahun 1930. Masjid King Fahd di Banjul merupakan masjid utama di Ibukota Gambia itu dan mampu menampung lebih dari 6000 Jemaah sekaligus.

Pengurus Masjid King Fahd, Banjul – Gambia

Hasil pemilihan pengurus pada tanggal 10 Januari 2010 yang lalu susunan pengurus masjid King Fahd di Banjul ini adalah sebagai berikut :

Presiden Gambia sholat bersama masyarakat di Masjid King Fahd Banjul
(foto dari statehouse.gm)
Chairman : Alhagi Mustapha Ngum
Vice chairman : Alhagi Mustapha Njie of Taf Holding
Treasure : Lawyer Edi Sissoho as Treasurer,
Assistant Treasure : Alhagi Masamba Jobe
Secretary : Alhagie Sulayman Samba
Assistant Secretary : Alhagie Abdoulie Jallow,

Foto Foto Masjid King Fahd, Banjul - Gambia

foto dari geoafrica.about.com
foto dari flickr.com
foto dari wikimapiac.om
foto dari flickr.com
foto dari elibrowntourrs.page
Masjid King Fahd, Banjul - Gambia (foto dari panoramio)

Referensi

crescentrating.com - king-fahad-mosque-banjul-gambia

----------------------------------------ooOOOoo------------------------------------------

Baca juga



No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA