Sunday, November 13, 2011

Masjid Wazir Khan Lahore, Pakistan

Masjid Wazir Khan, Lahore, Pakistan (foto dari Wikipedia)

Wasjid Wazir Khan berada di kota Lahore, propinsi Punjab, Republik Islam Pakistan, kota yang sama dengan Masjid Badshahi (1671-1673) yang telah di ulas dalam artikel sebelumnya di blog ini. Jarak antara kedua masjid bersejarah ini hanya terpisah lebih kurang satu kilometer saja, namun Masjid Wazir Khan dibangun 36 tahun lebih dulu dibandingkan Masjid Badshahi.

Masjid tua dan bersejarah Pakistan satu ini terkenal dengan karya seni keramik bangunannya yang menakjubkan. Masjid ini menjadi salah satu bangunan yang mempermanis kota Lahore sejak masa kekuasaan dinasti Mughal, sampai sampai dianalogikan sebagai tahi lalat yang mempermanis pipinya kota Lahore. Butuh waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan pembangunan masjid ini, yang dibangun tahun 1634-1635 semasa kekuasaan Raja Shah Jehan yang begitu termasyur dengan peninggalannya berupa bangunan Taj Mahal yang begitu melegenda.

Lokasi Masjid Wazir Khan

Masjid ini berada di dalam jantung kota Lahore tua, bersebelahan dengan pasar kerajinan Craft Bazaar dan lebih mudah dicapai dari Gerbang Delhi (The Delhi Gate).




Sejarah Pembangunan Masjid Wazir Khan

Masjid Wazir Khan, masjid peninggalan dinasti Mughal, dibangun oleh Shaikh Ilm-ud-din Ansari pada tahun 1634-1635,  Shaikh Ilm-ud-din Ansari berasal dari Chiniot, sebuah kota kecil di wilayah Punjab, kala itu beliau menjabat sebagai gubernur Lahore sampai tahun 1639 di bawah kekuasaan Raja Shah Jehan. Shaikh Ilm-ud-din Ansari lebih dikenal oleh rakyat Lahore sebagai Nawab Wazir Khan. Kata Wazir dalam bahasa urdu bermakna Menteri. Itu sebabnya masjid ini dikenal dengan nama Masjid Wazir Khan, mengabadikan namanya yang membangun masjid ini. Keseluruhan proses pembangunan masjid ini selesai pada tahun 1641.

Arsitektural Masjid Wazir Khan

Fitur utama masjid Masjid Wazir Khan terdiri dari 5 kubah lancip khas India dan empat menara tinggi di ke empat penjuru-nya, dan dilengkapi dengan Lapangan Tengah yang cukup luas. Keseluruhan bangunan di dominasi warna merah bata. Sekeliling lapangan tengah masjid ini terdapat beberapa ruangan kecil (khanas). Dan bagian dalam masjid terdiri dari beberapa ruangan.***

Referensi

en.wikipedia – wazir khan mosque


No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA