Friday, February 4, 2011

Palm Tree Mosque – Cape Town, Afrika Selatan

Masjid Palm Tree – Bo Kaap, Cape Town (foto dari livingislam)
Artikel ini bertalian dengan artikel Masjid Auwaldi posting sebelumnya.

The Palm Tree Mosque atau Masjid Palm Tree bila di Indonesiakan menjadi Masjid Pohon Palem, nama yang cukup aneh bukan ?. Masjid ini adalah masjid kedua yang dibangun di kota Bo Kaap khususnya, dan di Afrika Selatan pada umumnya, setelah Masjid Auwal di 34 Dorp Street yang dibangun oleh Tuan Guru Abdullah Kadi Abdus Salam (Pangeran kesultanan Tidore). Masjid Palm Tree ini pada mulanya adalah sebuah rumah tinggal yang kemudian di ubah menjadi Langgar (orang Bo Kaap, juga menyebutnya langgar) atau mushola/surau sampai ahirnya menjadi masjid.

Nama masjid ini memang sedikit aneh. Karena memang sejak pertama digunakan sebagai Langgar si empunya rumah tak pernah memberi nama resmi langgar tersebut. Para penerusnya yang kemudian memberi nama “Palm Tree mosque” karena ada dua pohon palem di depan rumah yang menjadi masjid tersebut, pohon yang ditanam sendiri oleh si empunya rumah. Maka jadilah hingga kini masjid itu disebut dengan nama Palm Tree Mosque atau masjid Palm Tree.

Menjadi lebih menarik lagi bahwa masjid ke dua di negara Afrika Selatan ini masih bertalian dengan Masjid Auwal yang dibangun oleh Tuan Guru, karena pendiri masjid Palm Tree tak lain adalah para murid dari Tuan Guru sendiri, yang mendirikan masjid Palm Tree tak lama setelah tuan guru wafat.

Alamat dan Lokasi Masjid Palm Tree

185 Long Street, Bo-Kaap
Cape Town, Western Cape
South Africa 8001
Telepon : +27 (021) 424-5837
Faksimili : +27 (021) 422-5152
GPS koordinat : S33 55.473 E18 25.013
Bank account : Nedbank, branch Kloof Road - Sea Point A/C No. 1069265918

Emergency Contact : H. Farouk Kamalie
Telepon : +27 (021) 424 5837
HP : +27 834 444 613


Layaknya sebuah rumah yang kemudian dijadikan masjid, masjid Palm Tree ini bentuk bangunannya sama sekali tak terlihat seperti masjid seperti yang kita kenal. Hanya berupa bangunan beton berlantai dua ditengah tengah kawasan bisnis yang sangat sibuk di Bo Kaap.

Sejarah Masjid Palm Tree (Palm Tree Mosque)

Sejarah masjid Palm Tree tidak terlepas dari Masjid Auwal yang menjadi masjid pertama di Afrika Selatan didirikan oleh Tuan Guru Abdullah Kadi Abdus Salam (Pangeran kesultanan Tidore) yang kini dianggap sebagai bapak bagi ajaran Islam di Afrika Selatan. Ketika masjid Auwal berdiri, Tuan Guru juga mendirikan madrasah bagi anak anak muslim berbagai bangsa di Cape Town. Tuan guru sendiri yang mengajar disana dibantu oleh jemaah masjid yang juga berguru kepada beliau.

Tuan Guru wafat di tahun 1807, dan beliau mewariskan kepemimpinan Masjid Auwal kepada Abdul Alim. Keputusan yang membuat kecewa dua jemaah Masjid Auwal, Frans van Bengalen dan Jan van Boughies. Dua jemaah tersebut kemudian keluar dari kepengurusan masjid mulai mendirikan Langgar di lantai atas rumah Jan van Boughies di Long Street. Rumah tersebut baru menerima statusnya sebagai masjid pada tahun 1825.

Foto lama Masjid Palm Tree,Bo Kaap
Cape Town (foto dari encounter)
Ketika menerima statusnya sebagai masjid, masjid ini masih menggunakan nama pemilik rumah Jan van Boughies sebagai nama masjid. Abdul Gamiet / Frans van Bengalen menjadi imam pertama di masjid tersebut. Jan van Boughies sendiri adalah seorang budak yang dibawa oleh Belanda ke Cape Town di abad ke 18, beliau adalah orang yang sangat terdidik, mahir berbahasa Arab, dan menjadi pengajar di Madrasah milik Tuan Guru di Masjid Auwal.

Bangunan yang kini digunakan sebagai Masjid Palm Tree itu sudah berdiri sejak tahun 1780 sebagai sebuah rumah tinggal. Di bangun oleh Carel Lodewijk Schot sebagai kediaman pribadi. Rumah tersebut kemudian dibeli Jan van Boughies, yang kemudian mengubahnya menjadi masjid. maka kemudian beroperasilah sebuah masjid yang bersebelahan dengan toko penjual minuman keras import. Sebuah pemandangan yang sangat ironis tentunya.

Cerita yang berkembang menyebutkan setahun setelah berdirinya masjid, Jan pergi meninggal Afrika Selatan, dan sebagian besar dari jemaah kembali ke masjid Auwal. Lebih dari seabad dan satu dekade kemudian nama masjid Jan van Boughies diganti dengan nama yang lebih ringkas, dengan menyebutnya sebagai masjid Palm Tree merujuk kepada pohon palem di halaman depan masjid yang dulunya ditanam sendiri oleh Jan van Boughies.

Nama yang sekaligus menjadi penanda masjid tersebut, masjid yang di depan nya terdapat pohon palem dan daunnya sudah setinggi jendela lantai dua masjid tersebut. Bangunan masjid ini menjadi sangat signifikan karena menjadi satu satunya bangunan rumah di long street yang masih bertahan sejak abad ke18,

Objek Wisata Religi

Pintu masuk ke masjid palm tree 
(foto dari flickr)
Masjid Palm Tree ini menjadi salah satu masjid yang begitu menarik bagi wisatawan bersama sama dengan masjid Auwal, yang merupakan dua masjid yang paling tua di Afrika Selatan. Ketua pengurus masjid Palm Tree Farouk Kamalie mengatakan bahwa kekunoan masjid tersebut yang menarik wisatawan untuk berkunjung.

Ribuan orang datang dari berbagai negara setiap bulan ke masjid ini untuk sekedar berpose mengabadikan masjid tersebut, membuat rekaman video bahkan melakukan interview kepada para pengurus. Masjid masjid di Cape Town memang menjadi ciri dari kota ini yang kaya dengan warisan budaya Islam.

200 tahun Palm Tree Mosque

Masjid tertua ke dua di Afrika Selatan ini, pada tahun 2007 lalu merayakan 200 tahun eksistensinya di Afrika Selatan. 200 tahun sejak pertama kali bangunan di 185 Long Street, Bo-Kaap dijadikan sebagai langgar di tahun 1807 ketika itu pelaksanaan sholat jum’at untuk pertama kali diselenggarakan di masjid Palm Tree.

Setelah 200 tahun berlalu kawasan Long street sudah berubah menjadi distrik bisnis utama yang sangat sibuk. Masjid Pal Tree menjadi salah satu dari dua masjid yang berada di jalan yang sama, memberikan nuansa islami di atmosfir kosmopolitan kota tersebut. Dalam perayaan 200 tahun tersebut masjid Palm Tree mengadakan acara selama 3 hari.

Perayaan dimulai hari Jum’at dengan acara sholat jum’at spesial yang diliput secara langsung oleh stasiun tivi VOC. Berlanjut di hari sabtu dengan zikir oleh pengajian jemaah wanita sebelum dilanjutkan dengan parade di depan masjid menampilkan sejarah perjalanan masjid Palm Tree. Acara puncak peringatan 200 tahun masjid ini diselenggarakan di hari Ahad dengan acara Khatamal Qu’ran yang juga disiarkan langsung oleh stasiun tivi VOC.

Fasad depan masjid Palm tree 
(foto dari flickr)
Aktivitas Masjid Palm Tree

Masjid Palm Tree sudah mengalami dua kali renovasi, renovasi pertama dilakukan tahun 1955 kemudian dilanjutkan lagi tahun 2002 lalu. Sejak pertama berdiri masjid Pal Tree sudah 14 imam yang mengabdikan diri di masjid kecil ini. Saat ini masjid ini lebih banyak digunakan oleh muslim yang bekerja di kawasan pusat bisnis tersebut untuk menunaikan sholat lima waktu. Kapasitas masjid ini hanya dapat menampung 350 jemaah laki laki dan 140 jemaah wanita.

Meskipun tidak berada ditengah tengah tengah komunitas muslim, masjid ini mengadakan aktivitas umum seperti madrasah bagi wanita, Qur’an bagi pemula serta pembinaan pemuda. Ada juga pengajian mingguan serta khatamul Qur’an setiap tahun.

Foto foto Masjid Palm Tree – Bo Kaap

Masjid Palm Tree – Bo Kaap, Cape Town (foto dari flickr)
Masjid Palm Tree – Bo Kaap, Cape Town (foto dari museumsyndicate)
Masjid Palm Tree – Bo Kaap, Cape Town (foto dari flickr)
Palm tree mosque dalam bayang bayang pohon palm (foto dari vocfm)
Papan nama masjid palm tree (foto dari flickr)
Referensi

bokaap.co.za - Mosque

travel.kompas.com – Bokaap bagian sejarah Indonesia

alifmagz.com – menginetip islam di cape town afrika selatan

capegateway.gov.za - Cape Town and Surrounds

timeout.com - Palm Tree Mosque

roughguides.com - South Africa Guide

vocfm.co.za - Palm Tree Mosque celebrates 200 years

No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA