Friday, November 12, 2010

Masjid Babul Islam, Tacna, Peru

Masjid Babul Islam, Kota Tacna, Peru

Peru, adalah salah satu negara di Amerika Selatan (Amerika Latin), beribukota di Kota Lima. Perkembangan Islam disana cukup pesat, masjid masjid mulai bertebaran seiring dengan semakin bertambahnya ummat Islam disana. Tacna, kota di selatan Peru dan berbatasan langsung dengan Negara Chile, salah satu kota yang sudah memiliki masjid yang cukup megah yang selesai dibangun secara keseluruhan tahun 2008. Dibangun dan dikelola oleh Muslim migran dari Pakistan.

Lokasi Masjid Babul Islam, Tacna

Koordinat : 18° 1' 11.62" S  70° 15' 24.78" W
                                                          

Muslim Peru

Muslim di Peru merupakan ummat yang sangat minoritas, dengan persentase dibawah satu persen dibandingkan dengan keseluruhan penduduk Peru. Namun Islam mendapatkan tempat cukup nyaman di Peru dengan dukungan kebebasan menjalankan agama yang dijamin oleh pemerintah serta kebebasan untuk mendirikan tempat ibadah. Dibidang pendidikan keagamaan, negara mengizinkan pengelolaan sekolah agama bagi tiap komunitas agama. Terhadap siswa Muslim yang menempuh pendidikan di sekolah non-Muslim mereka diberi kesempatan menyusun program pembelajaran agama sesuai kepercayaannya.

Masjid Babul Islam, Kota Tacna, Peru
Meski kendala dan perbedaan perlakuan oleh pemerintah tak bisa di tampikkan. Peru dengan mayoritas penduduk beragama Katholik mencapai 85 persen dari keseluruhan penduduknya memberikan keistimewaan tersendiri kepada gereja katholik yang mendapatkan kemudahan dalam hal perpajakan, pendidikan, tenaga kerja, pembangunan sarana ibadah, dan sebagainya. Sedangkan bagi agama minoritas termasuk Islam dikenakan pajak yang cukup tinggi termasuk dana bantuan dari luar negeri pun dikenai pajak yang tidak sedikit. Namun, secara umum, hampir tidak ada permasalahan terkait kehidupan beragama kendati pernah muncul sikap curiga terhadap Islam setelah terjadinya peristiwa 11 September.

Interior Masjid Babul Islam, Tacna, Peru
Komunitas Islam di Peru terdiri dari para pendatang dari Palestina, Syria, Libanon dan Pakistan. Islam juga sudah mulai menarik hati penduduk pribumi suku Indian Peru. Di beberapa tempat seperti di pinggiran kota Lima dan kawasan Villa el Savador sudah mulai terbentuk komunitas muslim yang merupakan penduduk asli.

Masjid Pertama di Peru

Masjid Babul Islam kota Tacna menjadi masjid pertama yang didirikan di Peru. Bangunan masjid lengkap dengan kubah dan menaranya ini menjadi salah satu landmark bagi kota Tacna.

Sejarah Masjid Babul Islam, Tacna

Komunitas muslim di kota Tacna, bermula dari 25 orang pebisnis migran dari Pakistan yang hijrah ke sana tahun 1995. Kebanyakan dari mereka merupakan pebisnis mobil bekas pakai dari Jepang. Masjid Babul Islam sudah mulai dibangun dengan bentuk sederhana sejak pertama kedatangan mereka di kota Tacna, dan perlahan tapi pasti dengan dana murni dari Jamaah masjid tersebut menunjukkan wujudnya yang kala itu masih berada di tengah ladang pertanian.

Pembangunan masjid ini tak terlepas dari peran Sher Afzal Khan Barikoti yang juga membangun sekolah islam formal bagi anak anak dengan nama sekolah Shah Wali Ullah di areal Masjid tersebut. Saat ini komunitas muslim disana sekitar 350 jiwa. Masjid yang selesai dibangun tahun 2008 tersebut kini berada di tengah tengah pusat keramaian kota Tacna menyemarakkan dakwah Islam di Peru.

Masjid Babul Islam Tahun 2007 (wikipedia)
Masjid Babul Islam Tahun 2007 (wikipedia)
Masjid Babul Islam Tahun 2007 (wikipedia)
Masjid Babul Islam, Tacna, Peru, Saat ini
Masjid Babul Islam, Tacna, Peru, dilihat dari udara
Halaman tengah Masjid Babul Islam, Tacna, Peru
Tanpa memandang latar belakang agama, kaum miskin di Peru 
mendapat perhatian dari Muslimin setempat. (Republika)
Video Masjid Tacna dan Muslim Peru




Referensi

No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA