Sabtu, 24 Agustus 2019

Masjid Masjid Megah di Filipina (Bagian-2)

Lima masjid Megah di Filipina.

Di postingan sebelumnya sudah ditampilkan ulasan singkat lima masjid masjid megah di Filipina mulai dari masjid terbesar, tertua, hingga masjid nasional di Filipina. Berikut ini lima masjid masjid megah lainnya di Filipina beserta ulasan singkatnya. Lumayan buat nambahin daftar kunjungan kamu bila berencana berkunjung ke Negara tetangga kita yang lokasinya berada sebelah utara provinsi Sulawesi Utara itu.

Bekunjung ke Filipina tidak perlu pakai Visa lho, karena sesama anggota Negara Asean, warganya memang bebas saling mengunjungi tanpa harus mengurus Visa, tapi kamu tetap harus punya passport dan ongkosnya ya J Oh iya, kamu jangan heran bila nama nama desa dan kota di Filipina bagian selatan seperti nama nama orang, itu memang nama tokoh masyarakat di masa lalu yang kemudian diabadikan sebagai nama desa atau nama kota disana. Selamat membaca semoga bermanfaat.

Masjid Tulay - Jolo, Masjid Terbesar di Provinsi Sulu

Masjid Tulay atau Tulay Mosque di Kota Jolo merupakan masjid terbesar di provinsi Sulu. (orriginal photo source)


Masjid Tulai merupakan masjid terbesar di Kota Jolo sekaligus terbesar di Provinsi Sulu, Filipina. Bangunan masjid yang begitu megah ini tampak mendominasi wajah kota Jolo saat dipandang dari arah laut dan menjadi landmark kota Jolo. Bangunan masjid ini dibangun dengan kubah besar dan empat menara di ke empat penjuru bangunannya dengan dominasi warna kuning dan putih.

Kapasitas masjid ini dapat menampung hingga 5000 jemaah sekaligus, dibangun pertama kali tahun 1884 kemudian hancur dalam perang di tahun 1974 dan dibangun ulang di tahun 2001 dengan dana US$2 juta dolar sumbangan dari Yayasan Sheik Zayed Al-Nahyan, Uni Emirat Arab. Kota Jolo merupakan salah satu kota dengan penduduk mayoritas Muslim di Filipina. Sekitar 90% penduduknya merupakan pemeluk agama Islam.

Masjid Al-Nasser Abpi (White Mosque) Datu Odin Sinsuat

Masjid Al-Naseer Abpi atau lebih dikenal sebagai White Mosque di Kota Datu Odin Sinsuat, ptovinsi Manguindanao, Filipina (foto asli dari gmap)


Masjid Al-Nasser Abpi atau lebih dikenal sebagai The White Mosque karena warnanya yang didominasi warna putih, adalah masjid megah di desa Barangay, Kota Datu Odin Sinsuat, provinsi Manguindanao, Filipina. Masjid putih ini menjadi salah satu destinasi wisata pavorit di kota Dato Odin Sinsuat. Warna putih yang digunakan untuk masjid ini adalah filosofi dari kesucian dan kemurnian, bukankah kesucian adalah salah satu prasyarat utama untuk melaksanakan ibadah.

The White Mosque Datu Odin Sinsuat ini dibangun dengan arsitektur modern lengkap dengan kubah besar di atap masjid di apit oleh beberapa kubah berukuran lebih kecil dalam bentuk dan warna yang senada, dan sepasang menara tinggi mengapit sisi depan bangunan masjid. Sedikit sentuhan warna emas pada beberapa bagian sebagai aksen memperindah tampilan-nya.

Masjid Dimaukom, Datu Saudi-Ampatuan, Maguindanao, Filipina

Masjid Dimaukon atau lebih dikenal sebagai Pink Mosque di kota Datu Saudi Angpatuan, di provinsi Manguindanao, Filipina. Masjid ini begitu populer karena warna dan arsitekturnya yang menawan da kamu bisa temukan foto foto masjid ini bersilweran di gmpa dan berbagai jaringan media sosial.


Masjid Dimaukom atau Masjid Pink (Pink Mosque) adalah masjid yang berdiri di kota Datu Saudi Ampatuan, Provinsi Maguindanao, Filipina. Namanya sesuai dengan nama pendiri masjid, Samsudin Dimaukom yang juga merupakan wali kota Datu Saudi Ampatuan. Warna pink-nya melambangkan persatuan dan persaudaraan antar-iman, mengingat pengerjaan masjid ini dilakukan oleh para pekerja Kristen. Masjid ini dibuka bertepatan dengan bulan suci Romadhon tahun 2014.

Tak hanya bangunan masjidnya, namun seluruh bangunan lainnya di dalam komplek masjid ini juga di cat dengan warna pink yang menyala terang, termasuk pagar keliling masjid beserta dengan gerbang besarnya yang bertuliskan “ahlan wa sahlan, Masjid Dimaukom”. 

Masjid Hja Sitti Raya, Talipao, Sulu

Masjid Hajah Siti Raya, salah satu masjid yang begitu menarik hati di Filipina bagian selatan. Nama masjid ini memang mengabadikan nama pembangunnya yang pernah menjadi walikota di Talipao. (orriginal photo source).


Masjid Hja Sitti Raya di bangun oleh (mantan) walikota Talipao, Sitti Raya Tulawei untuk masyarakat muslim kota Talipao, masjid ini dikenal sebagai salah satu masjid paling cantik di Filipina, dan kini menjadi salah satu destinasi wisata. Lokasi masjid ini berada di Desa Bilaan (Bilaan Poblacion), kota Talipao, Provinsi Sulu di koordinat 5.976268, 121.113464 (5°58'34.6"N 121°06'48.5"E).

Talipao adalah salah satu kota di Filipina dengan penduduk mayoritas beragama Islam. Di kota ini berdiri replika Istana Sultan Sulu, Astana Darul Jambangan di dalam taman kota yang cukup menarik perhatian wisatawan. Masjid dengan warna dasar putih beraksen biru ini dilengkapi dengan satu menara dan beberapa kubah warna emas yang terang benderang di atap masjid dan dipuncak menaranya.

Masjid Taluksangay Zamboanga City, Tertua di wilayah Barat Mindanao

Ciri khas Masjid di Taluksangay ini adalah kubah kubahnya yang bewarna merah menyala. kamu dapat temukan foto masjid ini gmaps maupun di berbagai aplikasi jejaring sosial.


Masjid Taluksangai adalah masjid tertua di wilayah barat pulau Mindanao. Pertama kali dibangun tahun 1885 di desa Barangay, kota Taluksangai, provinsi Zamboaga, Filipina. Masjid Taluksangai dibangun oleh Hadji Abdullah Maas Nuno dan menjadi pusat penyebaran Islam pertama di semenanjung Zamboaga.

Sejak itu ulama ulama Islam dari semenanjung Arabia, India, Malaysia, Indonesia berdatangan ke desa itu. Utusan Khalifah di Istanbul (Sheik Al Islam) sempat berkunjung ke desa ini ditahun 1914. Penduduk Taluksangai merupakan pemeluk agama Islam, mereka dikenal sebagai keturunan dari Sama Banguingui yang di cap sejarah sebagai bajak lautnya Asia Tenggara.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA