Minggu, 09 Juni 2019

Masjid Agung Asmara, Eritrea

Masjid Agung Asmara dengan nama resmi yang terpampang di serambi nya itu "Masjid Al-khulafaur Rasyidin".

Asmara adalah Ibukota Negara Eritrea, salah satu Negara yang berada di timur laut Afrika dan menghadap ke laut merah. Eritrea merupakan salah satu Negara termuda di dunia, baru memproklamirkan kemerdekaanya pada tanggal 24 Mei 1993 dari Ethiopia. Sejarah perjuangan kemerdekaan Eritrea begitu panjang sejak wilayah ini berturut turut dikuasai oleh kerajaan Aksum, Italia, Inggris dan pemerintah federal Ethiopia.

Dimasa pemerintahan federal Ethiopia, Eritrea dijadikan provinsi ke 14 di Ethiopia, sekaligus juga sebagai satu satunya provinsi di Ethiopia yang memiliki akses ke laut tengah. Perseteruan panjang dengan Ethiopia berahir dengan kemenangan dalam referendum yang disponsori oleh PBB ditahun 1993. Seiring dengan kemerdekaan Eritrea, secara geografis seluruh wilayah Negara Eritrea ini mengunci dan mengurung wilayah Ethiopia dari akses ke laut merah.

Islam dianut oleh 52% dari total penduduk Eritrea. Islam masuk pertamakali ke Eritrea pada abad ke-7 Hijrah, sebagaimana di Ethiopia, ketika Nabi Muhammad s.a.w. melakukan hijrah beliau yang pertama ke negara tersebut (615 Masehi). Namun spesifikasi masuknya Islam di Eritrea terjadi pada abad ke-8, ketika para pembawa misi Islam memasuki Kepulauan Dahlak dan kota pantai Massawa.

Pelataran di depan masjid agung Asmara.
Meskipun mayoritas, secara politis, ummat Islam di Eritrea mengalami tekanan-tekanan, karena kekuasaan pemerintahan didominasi oleh kaum Krsten Ortodox, sehingga muncul parpol-parpol Islam yang bertujuan untuk menekan pemerintahan Isaias Afwerki, agar berlaku adil dan proporsional terhadap Islam. Karena kegigihan ummat Islam Eritrea, akhirnya mereka dicap sebagai kaum Islam fundamentalis dan teroris.

Masjid Agung Asmara

Masjid Agung Asmara atau dalam bahasa Italia disebut Grande Moschea di Asmara, dan beberapa nama lainnya yang digunakan adalah Al Kulafah Al Rashidan, Al Kulafah Al Rashidin, Al Kuaka Al Rashidin or Al Khulafa Al Rashiudin, adalah salah satu bangunan dengan nilai seni tinggi di pusat kota Asmara. Dibangun tahun 1938 pada saat wilayah Eritrea dan Ethiopia masih menjadi wilayah jajahan Italia. Pembangunannya atas perintah Bennito Mussolini untuk menghormati keberadaan muslim suni di kota tersebut.

Khulafa al-Rashidun Mosque
Selam Street, Asmara, Eritrea
Koordinat : 15°20'20"N   38°56'29"E


Lokasi masjid ini berada di Harnet Avenue (sebelumnya dikenal sebagai Viale Mussolini) di pusat kota Asmara. Masjid Agung Asmara merupakan dari 3 bangunan paling terkenal di Asmara bersama sama dengan Gereja Our Lady of the Rosary dan Katedral Enda Mariam Coptic Cathedral. Masjid Agung Asmara berada di ruas jalan Selam street, berdekatan dengan komplek pasar di kota Asmara.

Masjid ini rancangannya ditangani oleh Guido Ferrazza, dengan maksud untuk menghormati muslim suni yang merupakan 50% dari seluruh penduduk Eritria. Pengaruh arsitektur Romawi terasa kental pada bangunan masjid ini terutama pada bagian kubah besar danmenaranya. Bangunan masjid dan menaranya ini terlihat hampir dari seluruh penjuru kota.

Jemaah masjid agung Asmara yang meluber hingga pelataran depan dan jalan jalan akses di depan masjid.
Bangunan masjid ini dibangun dua lantai dan dua balkoni dengan gaya rococo italia atau kemudian dikenal dengan gaya baroque. Dibagian bawah menara masjid terdapat ekterior galeri yang dibagi menjadi tiga bagian. Sedangkan pilar pilar ganda di beranda masjid ini dibuat dari dekemhare travertine yang dipadu padan dengan Pualam Carrara.

Fitur lainnya dari masjid ini tentu saja adalah adanya ruang mihrab yang juga menggunakan bahan bangunan pualam carara, begitupun area area lainnya di dalam masjid. Sedangkan halaman terbuka di depan masjid ini ditutup dengan potongan potongan batu hitam dalam ukuran besar yang disusun apik dalam pola geometric. Arsitektur masjid agung Asmara ini memancarkan ruh rasionalime, klasik dan Islami dan Asmara telah menerima anugerah dari UNESCO sebagai cagar budaya dunia.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA