Sabtu, 29 Juni 2019

Apakah Ada Masjid Di Bhutan? (Bagian 1)

Merujuk kepada peta google map, ada satu masjid di wilayah Bhutan, lokasinya berada di kota Simtokha. Masih dari google map tampak satu bangunan masjid kecil yang sangat sederhana di halaman komplek bangunan.

Dengan mengetikkan kata kunci “Bhutan Mosque” kolom pencarian google, muncul tiga nama masjid di google map, paling atas pencarian muncul “Dantak Mosque" disambung dengan tulisan masjid dalam aksara arab. Disusul oleh dua nama masjid berikut nya yakni Jharna Jamma Masjid dan Guabari Puran Mashjid. Dua masjid yang disebut belakangan menurut google map lokasinya berada di wilayah Jaigaon, West Bengal, India. Maka kita mulai telusuri dari yang pertama yakni “Dantak Mosque” atau Masjid Dantak.

Dantak Mosque, Semtoka

Google-map telah mencantumkan nama “Dantak Mosque” lengkap dengan lokasi akuratnya. Bumthang - Ura Highway, Semtokha, Bhutan. Menilik kolom komentar, lokasi masjid ini sudah ada dua review tertua yang berasal dari setahun yang lalu sejak dari tanggal saat kami mengakses (19 Juni 2019), artinya lokasi masjid ini sudah ditandai di peta setidaknya sejak setahun yang lalu.

Tidak ada informasi apapun yang muncul di pencarian selanjutnya tentang masjid ini selain di situs savetravel.com yang juga memuat foto yang di unggah oleh Muhiuddin Ikram lengkap dengan peta lokasinya berdasarkan google-map. Sehingga mau tidak mau harus mengolah data yang sangat minim itu untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang Masjid Dantak (Dantak Mosque) yang dimaksud.

Dantak Mosque
Bumthang - Ura Hwy, Semtokha, Bhutan



Penanda di peta di google-map juga sudah dilengkapi dengan foto yang dimuat oleh akun google badar Uddin pada bulan mei 2019 itu artinya baru sebulan yang lalu. Akun ini sudah teregister di google sebagai local guide level 5. Foto yang di unggahnya menunjukkan Jemaah yang sedang berkumpul di dalam ruangan.

Masjid Dantak di google map
Foto berikutnya adalah dua lembar foto yang di unggah oleh Muhiuddin Ikram pada bulan september 2017 yang menunjukkan suasana sholat berjamaah di pekarangan. Muhiuddin Ikram adalah local guide level 4. Dua foto yang di unggah beliau tampaknya lebih otentik dibandingkan foto pertama.

Menjejak unggahan unggahan foto beliau di google sepertinya beliau memang tinggal di Buthan, salah satu dari dua fotonya di masjid Dantak menunjukkan beliau bersama anak laki laki mungkin putra beliau dan salah satu unggahannya tentang perusahaan Southtech Bhutan Private Limited yang berjarak hanya 1,6 km dari Masjid Dantak atau sekitar 4-5 menit berkendara.

Merujuk kepada situs https://www.southtechgroup.com/ Southtech Bhutan Private Limited merupakan perusahaan Bangladesh yang beroperasi di Bhutan. Dan melihat dari nama-nya Muhiuddin Akram yang sangat Islami, memang lebih cocok sebagai nama orang Bangladesh dibandingkan dengan nama orang Bhutan yang mayoritas mutlak merupakan non muslim.

Foto pertama unggahan Muhiuddin Ikram menunjukkan dengan jelas sebuah bangunan persegi berukuran kecil dengan tulisan Masjid di atas pintunya ditambah dengan lukisan sederhana ornamen bulansabit dan bintang yang merupakan lambang internasional Islam. Dilihat dari ukuran dan bentuk bangunan serta pagarnya, bangunan masjid tersebut terlalu kecil bila dibandingkan foto dalam ruangan yang di unggah oleh badar Uddin pada mei 2019.

Google juga sudah melengkapi tempat tersebut dengan google street view yang di unggah pada bulan Mei 2013. Di lokasi yang dimaskud terdapat sebuah komplek bangunan dalam pagar yang menyerupai bangunan mushola di kampung kampung di Indonesia, berupa bangunan sederhana segi empat dengan atap limas bertingkat, hanya saja dari lambang lambang yang ada dibangunan nya tidak menunjukkan bangunan tersebut adalah masjid.

Komplek tempat dimana Masjid Dantak berada di halaman nya.
Di sisi jalan raya di depan bangunan ini juga terdapat papan nama yang sengaja dikaburkan oleh pihak google itu masih dapat terbaca sebagian besar dan juga tidak mengindikasikan bahwa itu adalah bangunan masjid. Papan pengenal lainnya hanya berupa gambar puncak gunung.

Komparasi Foto

Bila diteliti lebih jauh memang ada kemiripan antara foto pertama dari muhiuddin akram dengan foto yang muncul di street view. Logo yang terdapat pada dinding bangunan yang ada di foto muhiuddin akram sama persis dengan logo yang ada di dinding bangunan di steet view, begitupun dengan bentuk bangunan dan pagar halamannya.

Merujuk kepada dua gambar tersebut sepertinya bangunan masjid kecil yang ada di foto muhiuddin akram yang di unggah pada September 2017 belum dibangun setelah tahun 2013 karena pada image yang ada di google street view bulan Mei 2013 di lokasi masjid itu berdiri masih berupa bangunan terbuka sepertinya merupakan tempat parkir kendaraan.

Analisa foto milik Muhiuddin Ikram. Masjid yang ada di foto atas tampaknya berada di halaman komplek tersebut, di lokasi yang pada citra street view masih berupa bangunan terbuka tempat parkir kendaran.

Kesimpulan tentang Masjid Dantak Mosque

Masjid Dantak Mosque di kota Semtokha ini kemungkinan adalah bangunan masjid yang menumpang tempat di lahan tempat nya berdiri saat ini, dan dibangun setelah tahun 2013. Tujuannya kemungkinan besar untuk menyediakan tempat ibadah bagai para pekerja migran muslim termasuk yang berasal dari Bangladesh yang berkerja di perusahaan Bangladesh yang beroperasi di Bhutan.

Dimanakah kota Semtokha itu ?

Kota Semtokha hanya berjarak sekitar 7,7 km dari kota Thimpu, ibukota Kerajaan Bhutan. Dapat ditempuh dengan berkendara selama kurang dari setengah jam. Mengingat kondisi topografi kerajaan Bhutan yang berada di pegunungan Himalaya, jalanan dari Thimpu ke Semtokha atau sebaliknya harus melalui jalanan terjal di pegunungan yang berkelok kelok dan cukup berbahaya namun berpanorama yang memukau.

Analisa foto berikutnya yang diunggah oleh Muhiuddin Ikram yang tampak sedang sholat berjamaah di halaman masjid Dantak di bulan September 2017, sepertinya dalam suasana Sholat Idul Adha 1438 H yang jatuh di bulan September 2017.
Semtokha atau kadang kadang juga dilafalkan Simtokha, terkenal sebagai salah satu kota wisata dunia, di kota ini terdapat kuil Ummat Budha yang disebut Kuil Semtokha atau Semtoka Dzong. Kuil tersebut dibangun dibibir tebing terjal pada tahun 1629 oleh Zhabdrung Ngawang Namgyal, sang pemersatu Bhutan dan merupakan yang pertama di bangun di Bhutan dengan bentuk dan lokasi yang demikian itu.

Republika pernah melaporkan tentang masjid muslim Bhutan di kota Phuentsholing yang berbatasan dengan India, sekaligus menjadi gerbang Bhutan ke dunia luar satu satunya yang berada di perbatasannya dengan India. Apakah benar ada masjid muslim Bhutan di kota itu?. Simak di posting selanjutnya “Apakah Ada Masjid di Bhutan (Bagian 2).***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga



2 komentar:

  1. Assalamualaikum.
    Masjid Dantak telah dibina oleh kerajaan India di bawah Projek Dantak Bhutan untuk membantu pembangunan ekonomi dan infrastruktur kepada Bhutan.
    Masjid Dantak terletak dalam satu kawasan berpagar kecil di mana di tempat sama, selain Masjid Dantak, ada Gereja kecil dan Gudwara kecil(tempat sembayang orang sikh). - ada satu lagi tempat sembayang agama lain di sini, tapi saya tak ingat namanya.
    Ke tiga-tiga tempat sembayang ini adalah sangat kecil, tidak sampai 10 meter x 10 meter.
    Di negara Bhutan, hanya ada 2 agama rasmi, agama Bhuddha(95% penduduk) dan agama hindu(4% penduduk). Semua agama lain terdiri dari 1% penduduk di Bhutan. Harap keterangan ini membantu.
    Untuk keterangan lebih, sila e-mel saya.

    BalasHapus

Dilarang berkomentar berbau SARA