Minggu, 26 Mei 2019

Islam di Honduras (Bagian-2)


Islam di Honduras saat ini

Berdasarkan sensus tahun 2017 cukup mencengangkan bahwa penduduk Honduras yang mengaku tidak menganut agama tertentu atau atheis mencapai 21%, sedangkan mayoritas penduduknya menganut Protestan (39%), Katholik (37%), penganut agama lainnya termasuk muslim hanya 2% dan sisanya 1% tidak memberikan jawaban. Sehingga mayoritas atau tepatnya 76% penduduk Honduras merupakan penganut ajaran Kristen. Wajar bila Negara ini dikenal dengan Negara yang penuh dengan Gereja.

Berdasarkan data statistic, ummat Islam di Honduras ada sekitar 5000 hingga 6000 jiwa. Jumlah yang setara dengan 0,1% dari seluruh jumlah penduduk Negara tersebut. Jumlah tersebut memang sangat sedikit bahkan bila dibandingkan dengan komunitas arab dan keturunan arab yang ada di Honduras yang diperkirakan mencapai 50 ribu hingga 80 ribu jiwa, namun sebagian besar keturunan arab disana menganut agama nasrani sebagaimana orang tua mereka sejak pertama tiba di Honduras.

Jumlah tersebut memang angka perkiraan karena tidak ada sensus resmi yang mendata jumlah mereka. Dan dengan jumlah tersebut menempatkan Honduras sebagai Negara dengan penduduk keturunan arab arab terbesar di wilayah Karibia. Sebagian besar merupakan keturunan Arab Palestina yang menganut agama Ortodok, Katholik dan Kristen.

Masjid di Honduras

Muslim Honduras memiliki masjid di kawasan Colonia Prado Alto, di kota San Pedro Sula yang merupakan kota terbesar kedua di Honduras setelah Tegucigalpa. Masjid ini digunakan untuk menggelar berbagai aktifitas keagamaan. Menurut penjelasan pimpinan Fundacion Islamica de Honduras, Abd el Jawad Abd el Fatah, masjid ini didirikan sekitar tahun 2014 dan kerap dihadiri imigran Muslim dari Timur Tengah, Afrika, Indonesia, dan sebagainya.

Masjid di San Pedro Sula ini merupakan masjid satu satunya di Honduras yang dibangun dalam bentuk bangunan masjid yang biasa kenal lengkap dengan menara dan kubah dibagian atap bangunannya. Meskipun aslinya bangunan utama masjid ini sebelumnya adalah bekas bangunan pabrik yang kemudian di ubah fungsi dan bentuknya menjadi masjid. Masjid ini juga diizinkan oleh pemerintah Honduras untuk menyuarakan azan keluar masjid dari pengeras suara di menaranya.

Diketahui selain masjid ini ada masjid lainnya di kota Tegucigalpa yang menjadi pusat aktivitas ke-Islaman di ibukota Negara meski bangunannya belum dibangun semegah sebagaimana bangunan masjid yang kita kenal.

Masjid di Tegucigalpa merupakan sebuah bangunan rumah biasa yang kemudian di rombak dan dialihfungsi sebagai masjid dengan ukuran kecil, mirip seuah mushola di Indonesia, bangunan tersebut dibagi bagi menjadi beberapa ruang selain ruang sholat, ruang belajar dan ruang pendukung lainnya.

Sholat jemaah di masjid dan Islamic Center San Pendro Sula, Honduras.

Honduras Izinkan Umat Islam Jeda Bekerja untuk Shalat Jumat

Laman republika di tahun 2017 yang lalu merilis berita cukup menarik terkait dengan kebijakan pemerintah Honduras yang mengizinkan Umat Islam Honduras meninggalkan pekerjaan mereka untuk shalat Jumat. Mereka juga diizinkan mendirikan madrasah di ibu kota untuk belajar Alquran. Pengajarnya adalah sukarelawan yang memahami ajaran Islam dan bahasa Arab.

Asosiasi Islam Honduras memainkan peran penting dalam dakwah untuk meningkatkan kesadaran akan Islam dan menye barkan ajaran agama tersebut. Asosiasi tersebut mengonsentrasikan sebagian besar khutbahnya tentang orang-orang Honduras Afrika yang percaya bahwa sekutu mereka adalah Muslim.

Asosiasi juga bekerja dalam penerbitan buku dan majalah Islam yang dicetak dalam bahasa Spanyol dan Inggris. Umat Islam di Honduras sangat menyukai pengetahuan Islam, tapi untuk mendapatkannya mereka me merlukan dukungan dari organisasi Islam internasional.

Mereka dapat menegaskan identitas dan keyakinan sendiri di hadapan penduduk setempat. Muslim juga memi liki sumber daya untuk membangun masjid dan sekolah agama yang layak untuk dikunjungi.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga

1 komentar:

  1. Informasi yang bermanfaat. Terus berkarya kawan.
    Kunjungi balik yaa. Pengrajin Kubah berpengalaman, Al-Amiin Kubah : http://al-amiinkubah.com/

    BalasHapus

Dilarang berkomentar berbau SARA