Minggu, 12 November 2017

Masjid Haji Abdul Rahman, Kabul - Afganistan

Masjid Haji Abdul Rahman 

Masjid Haji Abdul Rahman atau dikenal juga dengan nama Masjid Agung Kota Kabul merupakan salah satu masjid terbesar di Afganistan dengan daya tampung mencapai hingga 10 ribu jemaah sekaligus. Berdiri megah di pusat kota Kabul, Ibukota Afganistan. Lokasi masjid ini berada di pusat komersil tersibuk di kota Kabul, dekat dengan Pashtunistan Square dan berseberangan dengan Plaza Hotel.

Masjid megah ini dirancang oleh arsitek Afganistan bernama Mir Hafizullah Hashimi. Proses pembangunannya dimulai di penghujung tahun 1990 manakala Taliban sedang berkuasa di negara tersebut namun kemudian sempat terbengkalai seiring dengan pecahnya perang saudara di negara itu yang bermula sejak tahun 2001.

Abdul Rahman Khan Jamia Masjid
Kabul, Afghanistan


Proses pembangunannya dilanjutkan tahun 2003 dengan bantuan dana dari pemerintah kerajaan Saudi Arabia dan keseluruhan pembangunannya selesai dilaksanakan pada tahun 2009, mundur dua tahun dari rencana. Masjid ini juga dilengkapi dengan Madrasah.

Nama masjid ini mengabadikan nama pengusaha Afganistan Haji Abrul Rahman yang merupakan pelopor pembangunan masjid ini dan beliau juga yang melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan masjid ini di tahun 1990 namun beliau wafat sebelum pembangunan selesai dilaksanakan. Cucu beliau yang kemudian melanjutkan pembangunan masjid ini hingga selesai.

Masjid Haji Abdul Rahman dari arah taman Zarnegar Park.

Masjid Haji Abdul Rahman dirancang dengan bentuk masjid Modern dilengkapi dengan satu kubah besar di atap bangunan utama masjid, kemudian ditambah dengan beranda yang memanjang di belakang masjid dilengkapi dengan tiga kubah kecil di atapnya.

beranda masjid ini terhubung langsung dengan area pelataran di sisi belakang bangunan utama yang dikelilingi dengan koridor tertutup di sisi kiri dan kanan pelataran. masing masing koridor tertutup ini dilengkapi dengan tujuh kebah berukuran lebih kecil di atapnya.

Masjid Haji Abdul Rahman dan bangunan tertinggi di kota Kabul

Sebuah gapura besar menjadi pintu masuk utama ke area pelataran masjid ini, dari pelataran Jemaah akan melintasi koridor panjang yang beratap membelah pelataran terbuka masjid, langsung ke pintu masuk utama bangunan masjid utama.

dua menara kembar beridiri di sisi kiri dan kanan bangunan masjid diantara bangunan utama dengan bangunan pelataran masjid. Keseluruhan ekterior masjid ini menggunakan warna senada yakni warna tanah kecoklatan di seluruh bangunannya.

Lokasi masjid ini berdekatan dengan Zarnegar Park yang berfungsi sebagai taman kota atau alun alun bagi kota Kabul, serta bersebelahan dengan komplek kantor walikota Kabul di sisi utaranya.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------

Referensi

wikipedia - Abdul_Rahman_Mosque

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA