Minggu, 10 September 2017

Masjid Agung Akçakoca Turki

Masjid Agung Akcakoca 

Turki dikenal luas di dunia internasional sebagai Negara yang pernah menjadi pusat Pemerintahan Emperium Usmaniyah (Turki Usmani / otoman) dan wilayahnya menguasai lebih dari separo dunia. Sebagai Negara yang pernah menjadi ibukota kekhalifahan Islam, Turki dikenal dengan masjid masjidnya yang megah.

Masjid merupakan fitur yang lekat dengan Turki, dan Negara ini juga memiliki ciri khas tersendiri dalam seni bina bangunan masjidnya yang dikenal dengan gaya bangunan masjid Usmaniyah, ditandai dengan bangunan masjid yang tinggi besar, kubah setengah lingkaran berukuran besar di atap masjid dan menara menaranya yang lancip tinggi menjulang.

Alamat Masjid Akçakoca
Yalı Mahallesi, Plaj Sk. 1a,
81650 Akçakoca/Düzce, Turki




Selain masjid masjid bergaya Usmaniyah, Turki juga memiliki ciri khas masjid Seljuk yang merupakan nenek moyangnya orang Turki, Masjid Seljuk tidak jauh berbeda dengan Masjid Dinasti Usmaniyah hanya saja atap masjidnya tidak selalu berkubah besar, namun tetap dengan menara menaranya yang menjulang.

Masjid Agung Akçakoca Yang Aneh

Masjid masjid Turki yang dibangun di era modern pun tetap dengan mempertahankan ciri ciri tersebut baik masjid yang dibangun di dalam negeri Turki maupun masjid masjid yang dibangun oleh pemerintah Turki di berbagai negara lainnya. Dari sekian banyak masjid tersebut ada satu masjid yang menarik perhatian warga Turki karena dibangun tidak seperti biasanya yakni Masjid Agung di Kota Akçakoca.

Masjid Agung di Kota Akçakoca, Republik Turki ini menjadi daya tarik tersendiri di dalam negeri Turki maupun bagi wisatawan asing, karena bentuk bangunannya yang tidak mengikuti lazimnya arsitektur masjid di Turki. Dan dengan sendirinya rancangan bangunan masjid ini terbilang aneh bagi kebanyakan orang Turki.

Masjid di kota Akçakoca justru memadupadankan seni bina bangunan masjid dari bentuk tenda Otok Turki, dengan bentuk oktagonal yang digunakan oleh Bangsa Seljuk di masa lampau. Sementara interiornya didekorasi dengan kaca patri, kubah dan rangka atapnya menggunakan beton yang keseluruhannya mencapai berat 32 ton.
.
Interior Masjid Agung Akcakoca

Masjid dengan arsitektur kontemporernya, ini dibangun tahun 1989 dan dibuka untuk umum tahun 2004 yang lalu. Tinggi kubahnya mencapai 31 m dan tinggi menara adalah 58 m. Masjid ini dirancang oleh arsitek Ergun Subaşı dilengkapi dengan sepasang menara kembar mengapit bangunan utamanya.

Atap masjid ini dibangun dengan bentuk lancip bersudut octagonal, arsitekturnya ditangani oleh Ergün Subaşı, yang memang terinspirasi dari bentuk tenda bangsa Seljuk di masa lalu. Struktur atap masjid ini berdiri diatas 8 beton bertulang dilengkapi dengan menara masing masing setinggi 31 meter. Berat atap masjid ini keseluruhan disebut sebut mencapai 32 ton dan atapnya dilapis dengan tembaga.

Rancang bangun masjid seperti ini sampai saat ini masih merupakan satu satunya di Turki, wajar bila kemudian begitu menarik perhatian warga Turki sendiri yang berkunjung ke kota tersebut. Cerita menarik dari imam masjid ini bahwa dari sekian banyak pengunjung masjid ini datang karena penasaran dengan bentuknya yang tak lazim.

Dan menurut beliau dari beberapa pengunjung tersebut ada yang mengaku sudah begitu lama tidak ke masjid dan baru masuk masjid lagi setelah melihat masjid tersebut sekaligus melaksanakan sholat di dalamnya. Maklumlah, Turki sendiri secara politik sejak runtuhnya ke-khalifahan di era 1920-an, menganut system politik sekuler.

Sebegitu penarasannya orang Turki dengan masjid yang katanya aneh dan tak lazim itu, tampaknya cukup layak untuk dimasukkan ke dalam ittenary list bila anda sedang berkunjung kesana. Jangan lupa ajak ajak saya ya. He he he.

Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA