Selasa, 03 Mei 2011

Masjid Putra, Putrajaya, Malaysia

Masjid Putra di Putrajaya, Malaysia.

Satu lagi masjid megah yang berada di pusat pemerintahan federal Malaysia di Putrajaya. Yakni Majid Putra. Majid Putra hanya terpisah lebih kurang 2,2 kilometer dari Masjid Besi / Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin. Sama seperti masjid Besi, Masjid Putra ini juga dibangun bagi pegawai pemerintah, pegawai kantor perwakilan negara sahabat di Putrajyaya, duta besar dan korp diplomatik serta masyarakat muslim yang tinggal tak jauh dari lokasi tersebut.

Masjid megah ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah federal Malaysia bagi kota pusat pemerintahan baru Malaysia di Putrajya, dan tentu saja menjadi salah satu ikon dari sederetan gedung gedung indah di Putrajaya. Nama Masjid Putra diambil dari nama Mantan Perdana Menteri Malaysia pertama, Almarhum Tunku Abdul Rahman Putra Al Haj, merupakan salah satu bentuk penghormatan rakyat dan pemerintah Malaysia kepada beliau.

Lokasi Masjid Putra


Sama seperti Masjid Besi / Tuanku Mizan Zainal Abidin, Masjid Putra juga berada di tepian danau buatan yang dibangun mengelilingi Putrajaya. Membuatnya tampak seperti masjid terapung bila dilihat dari kejauhan seberang danau.

Sejarah Pembangunan Masjid Putra, Putrajaya

Kebijakan pemerintah Malaysia yang menjadikan Islam sebagai agama resmi negara, menjadikan ciri ciri dan simbol simbol Islam begitu kental di negeri tetangga yang satu ini. Wajar bila ketika pemerintah Malaysia memutuskan memindahkan ibukota pemerintahan federal, dua masjid megah pun dibangun di kawasan pemerintahan baru tersebut.

Masjid Putra dari seberang danau.

Masjid putra mulai dibangun pada bulan Juni 1997, ketika selesai dikerjakan, dua tahun kemudian diserahterimakan kepada JAKIM pada tanggal 1 September 1999, untuk mengangani pengelolaan Masjid tersebut. Masjid Putra dirancang oleh Y. Bhg. Dato’ Dr. Nik Mohamad Bin Mahmood dari Kumpulan Senireka Sdn. Bhd. Pembangunan masjid ini menghabiskan biaya sebesar RM 250 juta (dua ratus lima puluh juta Ringgit Malaysia) sedangkan biaya perawatannya menghabiskan dana RM 100 ribu Ringgit Malaysia.

Arsitektur dan Fasilitas Masjid Putra, Putrajaya

Ruang sholat utama

Ruang sholat utama masjid putra
Masjid putra dibangun dengan memadukan arsitektur timur tengah dan arsitektur tradisional Melayu dibangun di dengan luas mencapai seluas 1.37 hektar, dihitung dari sejak pintu masuk utama masjid hingga bangunan masjid nya sendiri. Bangunan masjid ini begitu indah. Dipandang dari kejauhan tampak jelas masjid dengan arsitektural masjid universal lengkap dengan kubah dan menara yang terpisah dari bangunan utama masjid. oranmen bernuansa melayu menghias exterior maupun interior masjid ini.

Ruang sholat utama Masjid Putra berciri minimalis dan menarik, luas dan tanpa sekat sama sekali. Bangunan masjid ditopang 12 tiang utama. Ruang sholat utama ini berada di lantai G dan mampu menampung 8000 jemaah laki laki sedangkan jemaah wanita ditempatkan di ruang sholat lantai 1 dengan kapasitas 2000 jemaah.

Ruang Legar masjdi Putra 
Selain untuk sholat wajib lima waktu, ruang sholat utama ini juga dipakai untuk aktivitas aktivitas yang diselenggarakan oleh Masjid Putra ataupun pihak lain untuk penyelenggaraan sholat sunat hajat, pembacaan Yasinm tahlil dan doa selamat, taskirah (kuliah agama), upacara akad nikah dan acara acara lain yang layak diselenggarakan di dalam masjid.

Masjid Putra juga dilengkapi dengan sebuah ruang yang mereka sebut sebagai Ruang Legar (Ruang Serbaguna) yang berkapasitas 400 orang. Ruang ini biasa digunakan untuk urusan pendaftaran program program yang diadakan di Masjid Putra, terutama bila program tersebut menggunakan Auditorium. Mengingat letaknya yang berada di antara ruang jamuan dan auditorium, ruang ini biasa digunakan sebagai tempat jamuan makan bilamana ruang jamuan yang tersedia tidak dapat menampung jumlah tamu yang hadir.

Ruang perpustakaan masjdi Putra 
Perpustakaan

Masjid Putra dilengkanpi dengan sebuah perpustakaan yang memiliki koleksi hingga 10,193 naskhah buku yang sesuai untuk tiap tingkatan usia mulai dari kanak kanak pra-sekolah, pelajar & mahasiswa, pegawai dan karyawan hingga masyarakat umum. Sejauh ini koleksi perpustakaan Masjid Putra hanya boleh dibaca di perpustakaan belum untuk dipinjamkan dan dibawa keluar area perpustakaan, kecuali bagi pegawai Masjid Putra dengan melalui prosedur tertentu.

Buku buku yang tersedia pun cukup beragam mulai dari kitab-kitab Fikih, Hadis, Tafsir Al-Quran, Sirah, Undang-undang, Akidah, Tasauf Khutbah, kamus, ensiklopedia, buku motivasi, majalah bercorak kekeluargaan, novel, buku cerita kanak-kanak, majalah PC dan sebagainya.

Ruang Kuliah masjdi Putra 
Ruang kuliah

Masjid Putra juga dilengkapi dengan dua ruang kuliah berkapasitas masing masing 70 - 80 orang. Biasa digunakan untuk program-program pengajian Masjid Putra sepanjang tahun yang berjalan pada waktu siang ataupun malam setiap hari termasuk ahir pekan. Selain itu, ruang ini juga digunakan untuk aktivitas diskusi dan rapat formal ataupun informal terutama yang menggunakan LCD kanrea ruang kuliah tersebut dilengkapi dengan fasilitas LCD.

Ruang pengurusan Jenazah masjdi Putra 
Ruang penyelenggaraan jenazah

Laytanan pengurusan jenazah Masjid Putra dibuka 24 jam sehari dan siap untuk beroperasi setiap saat. Dilengkapi dengan peralatan pengurusan jenazah seperti tempat untuk memandikan jenazah yang lega dan peralatan mengkapani jenazah. Juga disediakan ruang tunggu bagi anggota keluarga jenazah yang menunggu proses pengurusan jenazah selesai. Layanan ini termasuk penyelenggaraan sholat jenazah hingga kereta jenazah, pemakaman hingga talqin kubur.

Ruang  Auditorium masjdi Putra
Fungsi dan Aktifitas Masjid Putra

Pembangunan masjid putra memang bervisi untuk menjadikannya sebagai institusi ibadah, perkembangan Ilmu pengetahuan dan pembangunan persatuan ummat Islam menjelang tahun 2014. Pengelola masjid Putra juga berkomitmen untuk menjadikan masjid Putra sebagai instusi yang unggul dalam berbagai bidang melalai beberapa aktivitas termasuk di dalamnya adalah : memastikan sholat berjamaah diselenggarakan pada awal waktu, menyelenggarakan program pendidikan bagi kanak kanak, remaja hingga dewasa, senantiasa menjadikan masjid Putra sebagai masjid yang nyaman untuk beribadah termasuk menjaga kebersihan, keamanan dan ketenangan jamaah, serta menyelenggarakan kegiatan kegiatan hari besar Islam dan hari besar nasional.

Masjid putra juga memiliki tujuan untuk menjadi standar permodelan dalam aspek pengurusan dan penyelenggaraan Masjid, bagi masjid masjid lain di seluruh Malaysia. Masjid putra juga memiliki tanggung jawab dalam merancang dan mengurus aktivitas sosial kemasyarakatan, pengurusan jenaah hingga aktivitas aktivitas sosial lainnya termasuk kursus kursus dan penyelenggaraan pelatihan pelatihan.

Kubah Masjid Putra, Putrajaya.

Beberapa aktivitas masjid Putra adalah : kursus penyelenggaraan Jenazah, pendidikan pra nikah, pengajian khusus bagi mualaf, seminar seminat sosial, penyelenggaraan dakwan, konseling agama Islam dan masalah rumah tangga, pengelolaan zakat, serta penyelenggaaan jenazah.
 
Selain itu masjid Putra juga menyelenggarakan aktivitas peribadatan rutin yang juga ditangani oleh seorang ustadz yang secara khusus bertanggung jawab atas kegiatan tersebut. Termasuk di dalamnya adalah kegiatan kegiatan Yasinan dan Doa Mingguan, Kuliah Subuh, Program Qiamullail, Program Iktikaf Ramadhan, Solat Sunat Hari Raya Aidilfitri & Aidil Adha, Bengkel Khutbah, Kursus Tahsin Qiraah Imam dan Bilal Masjid-masjid Utama, Kursus Asas Imam dan Bilal Masjid/Surau Putrajaya. 

Imam Besar Masjid Putra

1. Tan Sri Dato’ Abdul Kader Bin Talip (16 Juli 1999~ 15 Juli 2001)
2. Tan Sri Syaikh Haji Ismail Bin Muhammad ( 1 Desember 2001 ~ 14 Januari 2007)
3. Tuan Haji Abd. Manaf Bin Haji Mat (3 September 2007 ~ Sekarang)

Foto foto Masjid Putra, Putrajaya

Masjid Putra dengan latar belakang gedung kantor pemerintahan Malaysia.

Langit senja.

Dibawah kubah Masjid Putra.

Dengan kibaran bendera kebangsaan Malaysia.

Cahaya malam Masjid Putra.

6 komentar:

  1. Luar biasa indah, arsitektur modern Islam. Masyaallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
      Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
      kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
      selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
      Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
      Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
      Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
      dan jg nama besar Beliau
      tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
      dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
      apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
      Saya bilang saya terlantar disingapur
      tidak ada ongkos pulang.
      dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
      setelah saya kirim biaya ritualnya.
      beliau menyuruh saya untuk menunggu
      sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
      dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
      apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
      dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
      gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
      angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
      dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH
      sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
      Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
      Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
      Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
      Hub;KY FATULLOH di; 0823 5329 5783


      trimakasih roomnya


















      Bpk. Indra Nasution Dari medan

      SALAM KENAL SEMUA...!!!

      "Inilah kisah nyata kami. tampa rekayasa"
      Terlebih dahulu saya sekeluarga mengucapkan banyak Trimakasih Kepada Bapak KH.Fatulloh Harun
      Yang tlah membantu kami sekeluarga. Syukur "ALHAMDULILLAH" Hal yg tidak pernah terbayangkan
      dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti sekarang ini.
      Munkin dulu akulah orang paling terpuruk masalah ekonomi, karna tidak punya pekerjaan tetap
      dan kebutuhan keluarga selalu kekurangan.
      Dan suatu saat saya mau pinjam uang kepada tetangga kami yang lebih mampu.
      dan tetangga saya menyarankan untuk minta bantuan kepada "Bpk. haji"
      katanya dia dulu juga dibantu sama beliau melalui (PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL)
      Dan alhamdulillah bisa seperti sekarang.orang paling sukses dikampung kami
      Saya pun minta nomor telpon pak KH.Fatulloh Harun dan pulang kerumah untuk menghubunginya
      menceritakan penderitaan kami sekeluarga dan Alhamdulillah beliau bersedia membantu kami
      Dengan -PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL- Inilah pertama kalinya Saya melihat uang sebanyak ini
      kami sudah bisa bayar hutang-hutang kami dan sudah bisa buka usaha dan Alhamdulillah sampai sekarang
      kami bisa menjadi orang sukses berkat bantuan Bpk. KH.Fatulloh Harun
      inilah kisah nyata kami Tampa REKAYASA.
      Mudah-mudahan kisah hidup kami. bisa membantu saudara/saudari semua:

      ----------KH.Fatullah Harun....AHLI SPIRITUAL---------------
      Bisa membantu permasalahan anda sebagai berikut dibawah ini:

      1. PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL
      2. TRANSPER JANIN / ABORSI AMAN TAMPA DI SENTUH
      3. PINJAMAN DANA GAIB
      4. PELET PEMIKAT LAWAN JENIS

      Atau lebih jelasnya Hubungi:
      KH.Fatulloh Harun no.Hp: 0823 5329 5783 whatsApp: 082353295783

      kunjungi WEB resmi beliau di bawah ini:
      Klik=> AHLI SPIRITUAL TERPERCAYA




      terimakasih yg punya room

      Hapus
  2. Assalamualaikum gan, blognya keren.. Saya lagi nulis pengalaman ke Masjid Putra juga, beberapa informasi selain dari brosur dan papan info di masjid saya cek juga dari blog agan ini. Terima kasih atas tulisannya, oiya kalau nanti mau tambahkan foto juga, boleh kutip dari blog saya :)
    Salam.

    BalasHapus
  3. wah indah banget masjidnya yah, izin share yah

    kunjungi juga blog saya
    Miulan Hijab

    BalasHapus
  4. Saya mengambil sumber ini sebagai rujukan FYP.Saya hargai sumber ini sebaik mungkin. Terima kasih.

    BalasHapus

Dilarang berkomentar berbau SARA