Senin, 27 September 2010

Masjid Nasional Abuja, Nigeria

Senja di masjid nasional Abuja – Nigeria.

Mengenal Kota Abuja

Abuja adalah ibu kota Nigeria yang memiliki populasi sekitar 800.000 jiwa. Kota ini memang dialokasikan menjadi sebuah kota yang tertata. Dibuat tahun 1980 dan dijadikan ibu kota pada tanggal 12 Desember 1991 menggantikan ibu kota sebelumnya Lagos. Di kota ini terdapat berbagai tujuan wisata, juga kedutaan besar dari berbagai negara.

Nigeria merupakan negara dengan berbagai kelompok etnik. Bahkan tercatat sebanyak lebih dari 250 kelompok etnik yang terdapat disini. Bahasa pengantar negeri ini adalah bahasa Inggris. Penduduk muslim di negeri ini tercatat mencapai sekitar 50% dari seluruh penduduk. Menjadikan umat Muslim sebagai yang terbanyak, diikuti dengan umat Kristiani sebanyak 40%. Sedangkan sisanya lebih pada aliran kepercayaan yang masih dibawa dari kepercayaan nenek moyang. Karenanya tak terlalu mengherankan bila negeri ini memiliki sejumlah masjid. Satu yang paling besar adalah Masjid Nasional abuja.

Masjid nasional Abuja- Nigeria.

Lokasi Masjid Nasional Abuja

Abuja National Mosque
Independence Avenue
Abuja City, Nigeria
            Koordinat : 9°03′39″N 7°29′23″E



Masjid nasional Abuja terletak di pusat pemerintahan Nigeria, berseberangan dengan Gereja Kristen Nasional Abuja di independent Avenue, Abuja, Nigeria, berdekatan dengan kantor departemen pertahanan Nasional Nigeria yang lebih dikenal sebagai gedung kapal karena  bentuk bangunannya yang mirip kapal laut. Posisi masjid dan gereja yang berseberangan ini sengaja dibuat demikian sebagai simbol keharmonisan dinegeri yang memiliki sejarah panjang pergantian tampuk kekuasaan silih berganti, serta pertikaian antara Islam dan Kristen yang tak berkesudahan.

Sejarah Masjid Nasional Abuja

Lokasi masjid nasional Abuja berseberangan dengan Gereja Nasional Abuja di ruas jalan yang sama, Independen Avenue. Bangunan Gereja terlihat di bagian kanan foto.

Dibangun pada tahun 1984 bersamaan dengan pembangunan kota Abuja sebagai ibukota baru bagi negara Nigeria, Masjid yang terletak di Independent avenue ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, ruang pertemuan bagi 500 tamu, serta tempat tinggal untuk Imam dan Muazin.  Nigeria menjadi salah satu negeri bekas jajahan Inggris yang didera perang saudara tak berkesudahan antara kelompok Islam dan Kristen, 12 Negara bagian di utara Nigeria meminta untuk melaksanakan hukum syariah Islam.

Kubah utama dan menara kecil berwarna keemasan.
Perjuangan 12 negara dibagian utara Nigeria untuk memberlakukan Hukum Syari’ah memang terlalu berat, dan menghadapi tantangan dari dunia internasional, khususnya Barat dan sekutunya (Kristen). Namun kelihatannya, 12 negara bagian Nigeria Utara tetap pada pendirian semula, yaitu akan menerapkan hukum Syariah di negara bagiannya, karena memang konstitusi Negera Federal Nigeria melindunginya. Kondisi tersebut diperparah dengan silih bergantinya penguasa negeri itu dari satu kudeta ke kudeta berikutnya. Dari pemimpin dari kalangan Islam lalu berganti ke peminpin dari kalangan Kristen. Berdirinya masjid dan gereja Nasional Abuja diharapkan menjadi symbol harmonisnya kehidupan masyarakat Nigeria.

Sejak proses pembangungan hingga pengelolaannya saat ini masjid nasional Abuja ditangani oleh Abuja National Mosque Management Board. Proses perencanaan arsitekrutal pembangunannya diserahkan kepada AIM Consultants Ltd. Masjid Nasional Abuja sudah diresmikan oleh presiden Nigeria sebagai salah satu Monumen Nasional Nigeria dan menjadi milik seluruh rakyat Nigeria.

Arsitektural Masjid Nasional Abuja

Gerbang utama masjid nasional Abuja.

Masjid Nasional Abuja menjadi pemandangan sentral di pusat kota Abuja, dengan empat menara di ke empat sudut masjid, satu kubah utama berlapis emas hingga memancarkan kilauan dibawah sinar matahari. Selain satu kubah utama masjid ini masih dipercantik dengan empat kubah kecil dimasing masing empat penjuru atap nya. Secara keseluruhan bangunan masjid ini menggabungkan unsur budaya setempat dipadu dengan budaya Islam.

-------------------------------

Baca Juga Artikel Masjid Afrika Lain nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA