Sabtu, 16 Desember 2017

Masjid Dublin (Dublin Mosque) Bekas Gereja Presbyterian Irlandia

Dublin Mosque, Ireland

Sebelumnya Adalah Gereja Presbyterian Irlandia

Bila anda melihat bentuk Masjid Dublin ini mirip sebuah Gereja, anda tidak salah, karena memang masjid ini sebelumnya memang sebuah Gereja dari abad ke 19 yang kemudian dibeli oleh komunitas muslim Irlandia dan di ubah menjadi masjid hingga saat ini.

Masjid Dublin atau Dublin Mosque berada di South circular road dublin di Irlandia. bangunan masjid ini pada awalnya merupakan sebuah gereja Presbyterian di Irlandia. yang kemudian di ubah menjadi masjid dan kini menjadi markas dari Islamic Foundation of Ireland.

Dublin Mosque & Islamic Centre (ISLAMIC FOUNDATION OF IRELAND)
163 South Circular Road, Dublin, co, IRELAND
Geographic coordinates: 53°19′53″N 6°16′57″W



Pada awal tahun 1970an saat itu belum ada satupun masjid di Dublin, mahasiswa muslim mulai menghubungi para saudara mereka, organisasi Islam di Inggris serta beberapa negara Islam dengan maksud untuk mengumpulkan dana bagi pembangunan sebuah masjid di dublin.

Tahun 1974 disewalah sebuah gedung berlantai empat, dan tahun 1976 masjid pertama dan Islamic center pun dibuka. beberapa tahun setelah terbentuk, masjid tersebut sudah tak lagi mampu menampung jamaah yang terus bertambah.

Gereja Presbyterian selesai dibangun tahun 1860-an dengan gaya gereja Inggris abad ke 13. tahun 1983 bangunan yang berada di South circular road tersebut dibeli oleh komunitas muslim disana dan di ubah menjadi masjid hingga saat ini. Masjid Dublin dikelola oleh lembaga Islamic Foundation of Ireland yang merupakan satu satunya lembaga resmi yang mewakili muslim Irlandia, di negara tersebut.

Exterior Dublin Mosque

Islamic Foundation of Ireland

The Islamic Foundation of Ireland (I.F.I.) sebelumnya dikenal dengan nama the Dublin Islamic Society, sejak tahun 1980 lembaga ini menjadi otoritas sertifikasi kehalalan produk daging eksport dari Irlandia ke berbagai negara muslim dunia. Dan di tahun 1985 dibentuk departemen khusus di dalam lembaga ini untuk menangani urusan tersebut yang disebut the Halal Meat Section.

Departemen ini dibentuk untuk bertanggung jawab mengawasi dan memberikan sertifikasi halal terhadap daging di Irlandia. The Islamic Foundation of Ireland (I.F.I.) telah ditunjuk sebagai agen tunggal sertifikasi halal di Irlandia oleh Kuwait Municipality (Notice No. 46/83.) dan oleh the General Secretariat of Municipalities in the United Arab Emirates.

Interior Dublin Mosque

Sertifikat halal yang diterbitkan oleh lembaha ini menjadi jaminan bahwa produk produk terkait telah diteliti dan memenuhi persyaratan halal sesuai dengan syariat Islam dan layak untuk dikonsumsi oleh ummat Islam.

Sebagai bagian proses penelitian termasuk dagingnya sendiri, bumbu dan bahan aditif yang digunakan, warna, alat bantu proses hingga katalis yang digunakan semuanya diteliti dengan cermat untuk memastikan bahwa semua hal tersebut tidak mengandung ataupun terkontaminasi oleh hal hal yang tidak halal. Penelitian juga meliputi semua proses produksi, tempat produksi untuk diverifikasi pemenuhan terhadap aturan syariat Islam.

Sertifikat halal yang diterbitkan lembaga ini valid selama masa satu tahun dan harus diperbaharui setiap tahun serta berlaku secara universal, diterima di semua negara Isla di Inggris Raya dan Irlandia.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA