Friday, June 10, 2016

Masjid Agung Dakar, The Dakar Grand Mosque – Senegal

Masjid Maroko di Senegal. Masjid Agung Dakar dibangun oleh pemerintah Maroko dengan rancangan masjid Maroko yang sangat kental. Bangunan masjid ini menambah khazanah arsitektur masjid di Senegal yang masing masing bangunan masjid nya memiliki bentuk yang ceritanya sendiri sendiri.
Dakar adalah ibukota negara Senegal, sebuah negara di Afrika barat yang bertetangga dengan Mauritania di utara, Mali di timur serta Guyana dan Guyana Bisau di selatan. Uniknya ditengah tengah negara Senegal ini ada negara Gambia yang wilayahnya membentang dari muara sungai Gambia hingga beberapa kilometer ke hulu Sungai. Kota Dakar berada di sebuah semenanjung yang menjorok ke arah Samudera Atlantik menjadikannya sebagai salah satu pelabuhan laut penting di kawasan tersebut.

Islam memainkan peran penting di Senegal. Sekitar 94% penduduk Senegal menganut agama Islam. Di Kota Dakar berdiri sebuah masjid yang dikenal sebagai Masjid Agung Dakar atau dalam bahasa Inggrisnya disebut The Dakar Grand Mosque dan dalam Bahasa Prancis disebut Grande Mosquée de Dakar. Merupakan bangunan religi paling penting di Ibukota negara tersebut yang berdiri megah di kawasan Allée Pape Gueye Fall. Di titik koordinat 14° 40′ 40″ N, 17° 26′ 32″ W atau 14.677778, -17.442222

Lokasi Masjid Agung Dakar – Senegal

Grande Mosquée de Dakar
Allée Pape Gueye Fall
Dakar, Republic of Senegal

Koordinat : 14° 40′ 40″ N, 17° 26′ 32″ W



Masjid Agung Dakar ini juga berfungsi sebagai masjid negara, dirancang bersama sama oleh aristek Maroko dan Prancis, di resmikan pada tahun 1964 oleh Raja Hassan II dari Maroko bersama sama dengan Presiden Senegal Léopold Sédar Senghor. Gaya rancangan masjid ini mirip dengan Masjid Muhammad V di Casablanca, Ibukota Maroko. Masjid megah yang kaya dengan taburan dekorasi indah dibagian interior maupun ekteriornya. Lengkap dengan menara tunggal setinggi 57 meter.

Sejak tahun 1964 sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam diresmikan di masjid ini dengan nama Institut islamique de Dakar atau Institut Agama Islam Dakar yang merupakan merupakan institusi publik dibawah kendali kementrian pendidikan dan Budaya Senegal didedikasikan bagi Riset dan Pengajaran Islam di negara tersebut. Institut ini memiliki sebuah perpustakaan moderen yang diberi nama Naef Ben Abdelaziz Al-Saoud secara resmi dibuka pada tanggal 9 Oktober 2004.

Menara segi empat khas Maroko di masjid Agung Dakar menyembul diantara atap atap bangunan lainnya di langit kota Dakar
Pekarangan yang luas di depan masjid akan penuh sesak oleh jamaah di hari jum'at apalagi di dua sholat hari raya
Seperti halnya masjid masjid Maroko, Masjid Agung Dakar ini juga dilengkapi dengan Pelataran tengah

----------------------------------------ooOOOoo------------------------------------------

Baca juga


No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA