Friday, July 19, 2013

Kabar Dari Vanuatu

Muslim antar bangsa di Masjid Mele, Saudara kita dari Indonesia di antara-nya.
Bila dalam posting sebelumnya tentang Islam dan Masjid di Vanuatu telah diulas tuntas sejarah masuk-nya Islam ke Vanuatu dan perkembangannya, termasuk hadirnya beberapa saudara muslim Indonesia disana, maka, kali ini kami akan menyajikan kabar terbaru muslim Vanuatu terutama di kota Port Villa dengan Masjid Mele nya.

Alhamdulillah saudara saudara muslim di Vanuatu semakin bergairah dalam mempelajari agama Islam yang relatif baru bagi mereka. Sudara kita, Kris Triyantio yang kini sedang menjalankan tugasnya sebagai Asisstan Manager di salah satu perusahaan yang bergerak dibidang IT di Vanuatu mengabarkan perkembangan Islam terkini di dari Masjid Mele, Kota Port Villa, Republik Vanuatu.

Pembangunan Area sholat khusus jemaah wanita di Masjid Mele
Sejak beliau tiba di kota Mele, beliau dipercaya oleh jemaah muslim disana untuk bergabung dalam kepengurusan Masjid Mele, kira kira sama dengan “pengurus DKM” di Indonesia. Masjid Mele merupakan tempat berkumpulnya komunitas muslim di Port Villa, Ibukota Vanuatu. Masjid sederhana itu kini sedang membangun kamar kecil dan merapikan ruang sholat khusus untuk jemaah wanita-nya sejak dua minggu yang lalu.

Dan Alhamdulillah, sokongan kuat juga datang dari saudara saudara muslim yang datang dari Selandia Baru (New Zealand) yang sengaja datang ke Vanuatu untuk membantu muslim setempat dalam mendalami ajaran Islam. Mereka Juga pergi ke beberapa daerah pedalaman Vanuatu yang ada konsentrasi umat Islam di sana.

Pembangunan Kamar Kecil di Masjid Mele, Port Villa. Vanuatu.
Saat ini Masjid Mele juga tengah menggencarkan kelas pengenalan Islam khusus untuk wanita mulai dari anak-anak hingga orang tua, yang diadakan setiap hari Minggu sebelum Zuhur. Mereka mulai di perkenalkan dengan Al Quran (menggunakan buku Iqro) dan juga pengenalan Islam secara umum (seperti puasa, sholat dan sebagainya) mulai dari yang ringan agar mereka tidak terlalu kaget. Sangat menarik ya ternyata buku IQRO yang dibuat di Indonesia itu, tidak saja populer di negara negara ASEAN tapi juga sudah sampai ke Vanuatu, yang begitu jauh di Samudera Pasifik Selatan sana.

Kompilasi foto perbangunan sarana kamar kecil dan area sholat khusus jemaah Wanita di Masjid Mele.
Tak hanya sampai disitu, kesadaran akan Halalnya makanan yang dikonsumsi pun mulai mendapatkan perhatian, Sebuah peternakan Ayam di Vanuatu sudah menggunakan tenaga tukang potong dari umat Muslim disana, agar proses pemotongan ayam tersebut menggunakan cara cara sesuai syari’ah untuk menjamin kehalalannya. Dan saat ini mereka sedang mencari tukang potong sapi dari ummat islam untuk juga dapat memastikan kehalalan daging sapi sesuai dengan syariah Islam.

Teriring do’a semoga saudara saudara muslim disana senantiasa mendapatkan bimbingan, perlindungan, Rahmat dan Hidayah dari Allah Subhanahuwata’ala, wabil khususon saudara kita Kris Triyantio dan saudara saudara lainnya agar senantiasa diberikan kekuatan lahir dan bathin dan keberkahan dalam menjalankan tugas dan segala aktivitasnya, Amin.*** 

Baca Juga

Islam dan Masjid di Vanuatu

No comments:

Post a Comment

Dilarang berkomentar berbau SARA