Rabu, 27 Juni 2012

Masjid Praha - Republik Ceko

Masjid Praha di Kota Praha, Republik Ceko (foto dari krajane.czu.cz)


Praha adalah ibukota Republik Ceko sekaligus kota terbesar di Republik yang berdiri bersamaan dengan dibubarkannya Republik Czechslovakia pada tanggal 1 Januari 1993, setelah sebelumnya terjadi Velvet Revolution 17 November - 29 Desember 1989Praha berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa dengan luas wilayah sekitar 496 km persegi. Kota Praha dibelah sungai Vltava di wilayah tengah Bohemia dan telah berdiri sejak abad kesebelas sebagai ibukota Bohemia yang merupakan tempat tinggalnya para pangeran dan raja-raja Ceko, Romawi, dan Jerman.

Sejak tahun 2004, Praha ditetapkan sebagai wilayah metropolitan berdasarkan Eurostat, merupakan daerah dengan pertumbuhan ekonomi transisi yang cepat dan wilayah terkaya di Republik Ceko, dan menariknya Praha  merupakan kota yang memiliki tingkat biaya hidup yang relatif rendah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Uni Eropa. Fakta menarik lainnya tentang kota ini adalah  Praha dikenal sebagai kota yang paling cantik di Eropa dengan bangunan Kastil Praha atau Prague Castle atau Pražský hrad yang terkenal sebagai kastil terbesar di dunia,.

Di kota Praha, meskipun dalam jumlah kecil terdapat komunitas muslim yang tersebar di berbagai penjuru kota, mereka merupakan bagian dari sekitar 200 ribu muslim Ceko. di tahun 1991 komunitas muslim Ceko membentuk Yayasan Islam, Yayasan Islam dan mendirikan Masjid Brno di Kota Brno tahun 1998 dan Masjid Praha tahun 1999.  Untuk memudahkan urusan administratif dan efisiensi, Komunitas muslim Brno kemudian membentuk Yayasan Islam Brno, yang secara struktur keorganisasian lepas dari Yayasan Islam Praha namun tetap dalam satu langkah bersama.

Masjid Praha menjadi satu satunya masjid (resmi) di kota Praha dan masjid kedua di Republik Ceko setelah Masjid Brno. Meskipun begitu di kota Praha dan kota kota lainnya di Ceko masih ada masjid masjid lainnya yang menempati bangunan bangunan apartemen ataupun gedung gedung hunian dan perkantoran yang difungsikan sebagai mushola, di kelola oleh berbagai organisasi islam dan komunitas muslim yang kian hari kian bertambah. Untuk mengetahui lebih jauh tentang organisasi organisasi Islam serta tempat tempat penyelenggaraan sholat berjamaah di Republik Ceko dapat dibaca di link ini. sedangkan untuk mengetahui lokasi gerai gerai makanan halal di kota Praha dapat membaca salah satu blog Muslim Praha di link ini.

Alamat dan Lokasi Masjid Praha

Islamic Foundation in Prague - Prague Mosque
(Islámská Nadace v Praze - Pražská mešita)
Blatská 1491
198 00   Praha 9 - Kyje
Tel.: 281 918 876
Fax: 281 917 414
E-mail: praha@muslim.cz
Situs resmi : http://praha.muslim.cz/






Selain mengelola masjid Praha, Yayasan Islam Praha juga menyediakan pusat informasi Islam dan ruang sholat untuk umum di pusat kota Praha yang berlokasi di alamat berikut ini :

Information office and prayer room in the centre of Prague
Praha 1, Politických vězňů 14,
the entrance through the Jiří Grossmann Arcade, 1. floor
Tel./fax: 224227903
E-mail: praha@muslim.cz
Buka setiap hari pukul 12:00 hingga 22:00

Tampilan luar bangunan Masjid Praha sama sekali tak berbentuk sebuah bangunan masjid seperti masjid yang biasa kita kenal. Anda dapat melihat seputar bangunan masjid ini dari aplikasi street view google map di bawah ini. Tak ada kubah apalagi menara tempat menyuarakan azan di masjid ini. dapat dimengerti dengan populasi mereka yang kecil, Islam seringkali disalah arti oleh pemeluk agama mayoritas disana mengikuti perkembangan arus utama pemberitaan media yang condong menyudutkan Islam.

Di situs Youtube, anda dapat menemukan beberapa rekaman dari beberapa pihak yang dengan sengaja merekam aktivitas di masjid ini secara rahasia dengan kamera tersembunyi. Apapun motif dari perekam tersebut, setidaknya video video tersebut memberikan gambaran seutuhnya atas “apa yang terjadi” dan “apa yang dilakukan” oleh ummat Islam Praha di dalam masjid mereka. Tiga sekuel video berjudul “Undercover as Muslim in Prague” dapat anda ikuti di link 1 link 2 dan link 3.


Dakwah Dari Masjid Hingga Facebook

Sebuah gerakan dakwah yang unik dilakukan oleh seorang Mualaf Ceko bernama Jitka Cervinkova di dunia maya, muallaf yang berusai 21 tahun. Ia membuat grup salah satu situs jejaring sosial, Facebook, yang dinamakan Muslims from Czech Republic (Muslim dari Republic Ceko). Awalnya Jitka yang baru memeluk Islam September tahun 2008 itu tengah mencari komunitas umat Islam Republik Ceko di situs jejaring sosial, Facebook. Namun Jitka tidak menemukan apa yang dicarinya itu, maka ia pun berinisiatif untuk membuatnya. Sejak diluncurkannya Facebook Muslims from Czech Republic pada November 2008, grup Facebook ini telah berkembang pesat dan menjaring 300 anggota. Anda pun dapat bergabung turut berbagi cerita di grup ini.

Islamphobia di Praha dan Republik Ceko

Berita miris tentang penodaan Masjid Praha sempat menjadi berita utama di berbagai media, salah satunya adalah ketika ditemukan kepala babi yang dengan sengaja diletakkan di pagar masjid Praha beberapa waktu lalu salah satunya seperti dimuat di situs Partai Nasional Ultra Kanan Ceko pada bulan maret lalu dengan teks yang begitu provokatif, “Pull mosques down, ban Islam and imprison Islamists for life over their being Islamists”. Partai Nasional Ultra Kanan Ceko memang dikenal luas sebagai partai yang anti Islam.

gerbang pagar Masjid Praha di coret dengan cat semprot bertuliskan permusuhan terhadap Islam oleh orang orang tak dikenal (foto dari tn.nova.cz)
Partai ini juga yang di bulan September 2009 menyebarkan 2500-an selebaran anti Islam yang berisikan “peringatan” atas bahaya yang mereka sebut sebagai “bahaya Islamisasi”. Beberapa pengikut partai ini bahkan dengan atraktif dan provokatif melakukan aksi protes dengan membagi bagikan selebaran tersebut di depan Masjid Brno. Upaya itu juga sekaligus sebagai bentuk protes dan penolakan atas rencana pembangunan masjid kedua di Brno ataupun perluasan masjid Brno.

Masjid Brno juga pernah menjadi korban penistaan. Ketika orang orang tak dikenal mencoret coret fasad depan masjid itu dengan cat semprot, menuliskan kalimat kalimat rasis dan penghinaan terhadap Islam. Namun imam, ulama hingga muslim Ceko tidak terpancing dengan tindakan tersebut dan menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus kasus tersebut kepada pihak berwenang.

Berdirinya Masjid Praha

gerbang masjid Praha, baik gerbang maupun bangunannya tak terlihat seperti bangunan masjid pada umumnya (foto dari waymarking.com)
Seperti disebutkan di awal tulisan ini, Masjid Praha merupakan satu satunya masjid di Kota Praha dan merupakan masjid kedua di republik Ceko setelah Masjid Brno. Masjid ini dibangun oleh Yayasan  Islam Praha Pada tahun 1999. Selain memiliki ruang sholat uama Masjid Praha juga dilengkapi dengan ruang sholat khusus jemaah wanita dan satu ruang kecil untuk arena bermain anak anak. Aktivitas di masjid ini terbagi dalam tiga bagian yaitu : [1] menjalankan fungsi sebagai masjid dan pusat islam di Praha[2] menjalankan aktivitas Amal (Charity) dan [3]. Aktivitas pendidikan. Kepengurusan dan pengelolaan masjid di jalankan oleh Yayasan Islam Praha. Selain itu Masjid ini juga menjadi tempat berkantornya Persatuan Mahasiswa Muslim Ceko yang sudah berdiri lebih dulu sebelum Yayasan Islam berdiri.

Masjid Praha terbuka untuk semua kalangan baik muslim maupun non muslim yang ingin mendapatkan informasi tentang Islam ataupun untuk sekedar berkunjung.  Khutbah Jum’at di masjid ini disampaikan dalam tiga bahasa yakni Bahasa Arab, Inggris dan Bahasa Ceko, hal tersebut untuk mengakomodir jemaah yang datang dari beragam latar belakang bangsa dan budaya. Sholat jum’at di masjid ini umumnya dihadiri sekitar 300 hingga 500 jemaah.

aktivitas di dalam Masjid Praha  (foto dari praha-muslim.cz)
Sebagaimana masjid masjid lain nya Masjid Praha juga menyelenggarakan kegiatan Romadhan termasuk buka puasa, tarawih berjamaah dan I’tikaf. Pengajian rutin juga diselenggarakan di masjid ini termasuk pelajaran bahasa arab dan kelas khusus untuk kanak kanak. Selain itu juga menyelenggarakan upacara pernikahan dan pemakaman sesuai syariat hingga khitanan. Dalam hal hal tertentu termasuk penentuan jadwal sholat, masjid Praha berkoordinasi dengan pusat pusat Ke-Islaman Eropa lainnya.

Aktivitas Amal

Aktivitas amal di masjid Praha ini dikelola dengan memberdayakan zakat dari para wajib zakat. Dana yang terkumpul dipergunakan salah satunya adalah untuk membiayai pengobatan bagi jemaah tidak mampu dan tidak memiliki polis asuransi. Termasuk membiayai perjalanan dan biaya biaya dakwah yang diselenggarakan oleh masjid Praha.  Luar biasanya Masjid Praha bahkan juga turut mengambil bagian di kamp kamp pengungsi yang ada ummat Islamnya dengan memberikan bantuan berupa pakaian, menyediakan mushola, pendidikan anak anak dan lain sebagainya. Satu hal yang jarang terjadi di Indonesia adalah bahwa masjid Praha bahkan turut mengambil bagian dalam pembinaan para napi di penjara penjara Ceko yang terdapat napi muslimnya.

Aktivitas Pendidikan

jemaah Masjid Praha (foto dari cb.cz)
Dalam peran pendidikan masyarakat, masjid Praha menjalankan program program rutin termasuk penyelenggaraan kelas belajar Al-Qur’an setiap Sabtu, kajian tafsir, Hadist dan Sirah Nabawiyah secara terpisah untuk ikhwan dan akhwat. Ada juga kelas khusus untuk anak anak di hari Sabtu, kuliah umum untuk muslim Ceko (dalam bahasa Ceko) serta disetiap Sabtu awal bulan ada kuliah umum untuk siapa saja termasuk non muslim yang tertarik dengan islam.

Selain itu masji Praha juga menyelenggarakan kursus bahasa Arab, Seminar seminar Ke-islaman yang diselenggarakan oleh Persatuan Mahasiswa Muslim Ceko, eksebisi, kunjungan ke sekolah sekolah, presentasi di masmedia, layanan konsultasi untuk mahasiswa, layanan khusus  bagi penterjemahan dan pencetakan buku buku dan pamplet ke-Islaman termasuk untuk kepentingan situs internet Yayasan. Yayasan Islam Praha menjalin hubungan sangat dekat dengan lembaga lembaga Islam Lainnya terutama dengan Yayasan Islam Brno yang memang awalnya merupakan bagian dari Yayasan Islam Praha.

tulisan di gerbang masjid Praha, menjadi petunjuk satu satunya bahwa bangunan ini adalah masjid, mengingat ketiadaan kubah apalagi menara sebagai bentuk umum sebuah masjid (foto dari waymarking.com)

Sejarah Masjid Praha

Pembetukan Yayasan Islam dimulai pada tahun 1990. Jauh sebelumnya ketika sekelompok muslim menyelenggarakan sholat jum’at berjamaah pertama di tahun 1989  yang menjadi awal mula yang baik meski diselenggarakan di tempat yang bukan bangunan masjid. Sholat berjamaah tersebut diselenggarakan di sebuah ruang sekolah di kedutaan besar Mesir di kota Praha. Lalu berpindah tempat ke tempat lainnya setiap bulan. Termasuk juga diselenggarakan di asrama Mahasiswa, karena memang kebanyakan dari muslim tersebut merupakan mahasiswa asing yang menuntut ilmu di Praha.

Beberapa asrama mahasiswa yang sering dipakai adalah  Arnošt z Pardubic Dormitory, 5th May Dorm (yang dikemudian hari dikenal sebagai Švehlova Dormitory). Juga berbagai aula dan ruang olahraga di Shooters Island, Žitná street, Goradzova street yang disewa untuk penyelenggaraan sholat jum’at. Ruang permanen pertama disewa tahun 1992 berloaksi di Prague 4, Krč, U Michelského lesa No. 366 oleh Persatuan Mahasiswa Islam (Muslim Student Union) beberapa saat sebelum berdirinya Yayasan Islam Praha.

interior Masjid Praha, bangunannya memang bukan bangunan baru yang sengaja dibangun untuk masjid tapi sebuah bangunan bekas pabrik yang kemudian di renovasi menjadi masjid sehingga arah kiblatnya sangat miring, perhatikan posisi letak sajadahnya. (foto dari praha-muslim.cz)
Yayasan Islam, yang kemudian mendirikan dan menjalankan Islamic Center dan bertanggung jawab bagi penyediaan ruang sholat muslim disana. Ruang sholat tersebut menjadi ruang sholat permanen pertama di Ceko dan Slovakia paska perang sejak tahun 1993. Namun Persatuan Mahasiswa Muslim yang beroperasi di seluruh negeri tetap berkntor di Islamic Center yang dijalankan oleh Yayasan Islam hingga hari ini, dan beberapa aktivitas diselenggarakan bersama sama oleh dua institusi ini.

Aktivitas Yayasan semakin meningkat dari waktu ke waktu, muslim disana mulai menggunakan tempat tersebut sepanjang pekan sebagai tempat untuk berkumpul, sholat dan belajar serta menyelenggarakan aktivitas pendidikan umum bagi muslim dan mereka yang tertarik kepada Islam. Meskipun tempat sewaan itu telah diperluas beberapa kali hingga ruang sholat utama sudah menjadi 116 meter persegi di tambah dengan ruang sholat wanita 17 meter persegi dan ruang kantor 33 meter persegi. Dan semua ukuran itu sudah tidak memadai lagi untuk manampung semua aktivitas jemaah.

Padanan Jendela dengan ornamen kaligrafi di atasnya, ditambah ornamen segi delapan menghias fasad depan Bangunan Masjid Praha  (foto dari praha-muslim.cz)
Di tahun 1996, Yayasan Islam membeli gedung di Prague 9 – Kyje, sebah gedung tua dua lantai dan sudah lama terbengkalai bekas pabrik susu. Pemilik gedung sebelumnya adalah Pragold Praha Company, sebenarnya sudah mengajukan permintaan rekonstruksi bangunan tersebut, namun karena keseluruhan gedung miliknya dibeli oleh Yayasan Islam maka keseluruhan rekonstruksi bangunan dilakukan oleh perusahaan ini hingga selesai dengan mengubah sama sekali tampilan gedung lama terutama dengan menambahkan lantai ke tiga. Seluruh proses pembangunan selesai dilaksanakan pada musim semi tahun 1999. Gedung baru Masjid dan Islamic Center Praha dibuka untuk umum pada tanggal 7 Mei 1999 ditandai dengan penyelenggaraan Sholat Jum’at pertama.

Bangunan Masjid Praha memiliki dua sayap bangunan, ruang wudhu pria dan wanita diletakkan di letakkan di sayap pendek bangunan yang hanya terdiri dari 2 lantai. Sedangkan bangunan utamanya terdiri dari tiga lantai. Di lantai dasar nya dilengkapi dengan ruang kuliah khusus wanita (kadang kadang juga dipakai sebagai ruang jamuan makan), dapur dan ruang penyiapan makanan. Lantai pertama berfungsi sebagai kantor yayasan dan ruang sholat utama. Sedangkan di lantai paling atas merupakan ruang sholat ke dua, perpustakaan dan ruang kelas serta kantor Persatuan Mahasiswa Muslim dan kediaman imam masjid.

Foto foto masjid Praha

Fasad depan Masjid Praha  (foto dari praha-muslim.cz)
Beberapa jemaah Masjid Praha (foto dari zpravy.idnes.cz)

Referensi

islamicfinder.org - Mosque in Prague City Center
waymarking.com - Prague_Mosque_Czech_Republic
praha.eu - islam
almahdieurope.org  - islam in czech republic
aktualne.centrum.cz  - pig head found on prague mosque fence

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA