Jumat, 02 Desember 2011

Masjid Taj Mahal – India

Masjid Taj Mahal atau dalam bahasa setempat disebut Jawab masjid, terletak di sebelah barat Maosoleum Taj Mahal.

Siapa yang tidak kenal dengan Taj Mahal? di buku buku atlas dunia untuk sekolah sekolah di tanah air masih mencantumkan 7 keajaiban dunia yang salah satunya adalah Taj Mahal di Agra – India. Bangunan megah ini merupakan warisan Sultan Shah Jahan dari dinasti Islam Mughal sebagai bentuk cintanya yang begitu mendalam kepada istinya tercinta Mumtaz Mahal.

Taj Mahal dibangun pada tahun 1631-1648. Tapi jangan sampai terkecoh dengan bentuknya yang seperti masjid. Taj Mahal bukanlah sebuah masjid, tapi sebuah mausoleum alias bangunan makam. Ya bangunan makam untuk almarhum Mumtaz Mahal istri dari Shah Jehan.

Taj Mahal merupakan sebuah komplek yang begitu luas terdiri dari bangunan Taj Mahal, sebuah istana peristirahatan (Jawab) kesultanan Mughal disebelah timur, dan sebuah masjid Megah di sebelah barat. Komplek ini juga dilengkapi dengan pelataran dan taman yang begitu indah. 

Dari seberang sungai Yamuna, Masjid Taj Mahal ada disebelah kanan (sebelah barat) dari bangunan Maosoleum Taj Mahal.

Ketiga bangunan itu dibangun secara simetris di lokasi yang bersebelahan satu dengan yang lain nya. Bangunan Masjid dan bangunan istana peristirahatan di komplek Taj Mahal merupakan dua bangunan kembar yang sangat identik satu sama lain. Sangat sulit membedakan kedua bangunan ini dari luar.

Memang cukup menarik untuk mencermati dan menikmati masjid masjid peninggalan dinasti Mughal. Masjid yang penuh dengan keindahan, karya seni yang tinggi, dibangun dalam sebuah ketelitian yang luar biasa dan menjadi warisan mahakarya seni Islam yang patut dibanggakan dari era ke-emasan Islam di anak benua India.

Lokasi Masjid Taj Mahal

Komplek Maosoleum Taj Mahal , Agra, Uttar Pradesh, India


Letak masjid ini yang berada di sebelah barat bangunan mausoleum Taj Mahal tentu saja untuk menghindari sholat menghadap ke makam yang dilarang oleh ajaran Islam. Jemaah yang sholat di masjid Taj Mahal tentu saja akan membelakangi Maosoleum Taj Mahal Yang terdapat makam di dalamnya. Masjid Taj Mahal dibangun dalam perpaduan seni gabungan khas dinasti Mughal, Persia dan arsitektural Islam. Komplek Taj Mahal ini berada di tepian sungai Yamuna sehingga banyak pelancong yang menikmati dan meng-abadikan komplek bangunan ini dari seberang sungai yang menampilkan keindahan tersendiri dengan pantulan bentuk bangunannya di permukaan air sungai Yamuna.

Sejarah masjid Taj Mahal

Masjid Taj Mahal dibangun tahun 1632-1652. Sebuah mega proyek pada zamannya dengan mempekerjakan ribuan pekerja bangunan dan pekerja seni menangani pembuatan kaligrafi ayat ayat suci Al-Qur’an, Asma Allah hingga ukiran ornamen ornamen islami yang menghias hampir keseluruhan bangunan masjid ini. Masjid Taj mahal dirancang oleh Isa Muhammed yang memegang peranan penting dalam keseluruhan rancang bangun masjid ini.

Tiga kubah berlapis pualam putih menghias atap masjid ini, batu pasir merah digunakan menutup hampir keseluruhan bangunan. sama hal nya dengan bangunan masjid warisan Mughal lainnya.


Pembanangunan masjid ini hampir bersamaan dengan pembangunan Maosoleum Taj Mahal. Ratu Mumtaz Mahal wafat pada tahun 1631, jenazahnya sempat sementara waktu dimakamkan di areal sekitar sisi barat tembok Taj Mahal yang kini ditandai dengan batu pualam yang sedikit ditinggikan seukuran makam, dan di tahun 1631 itu pula kompleks Taj Mahal ini mulai dibangun, baru kemudian setelah keseluruhan bangunan Taj Mahal selesai di tahun 1648 jenazahnya dipindahkan ke dalam Taj Mahal.

Pada tahun 1983 Masjid Taj Mahal masuk dalam situs warisan sejarah dunia Unesco, terkenal dengan sebutan sebagai  ‘permata seni islam di India, dan salah satu mahakarya universal warisan dunia”.

Jem'aah sholat  hari raya di pelataran Masjid Taj Mahal membelakangi Maosoleum Taj Mahal.

Arsitektural Masjid Taj Mahal

Seperti masjid masjid dari dinasti Mughal yang sudah di ulas dalam artikel artikel terdahulu, masjid Taj Mahal juga dibangun menggunakan batu pasir merah.  Dilengkapi dengan empat menara segi delapan di empat penjurunya, tiga kubah yang sangat mewah, masjid Taj Mahal berukuran 64m x 27m dan berdiri dengan anggun di lokasinya, tidak menampilkan sebuah bangunan yang kekar perkasa. Tampilan luar masjid ini terdiri dari sebuah gerbang yang begitu dominan biasa disebut dengan iwan.

Setiap sisi Iwan dilengkapi dengan dua lengkungan yang lebih kecil berlapis diantara empat tiang kecil. Disisi atas lengkungan diperindah dengan ukiran halus lapisan batu pualam sedangkan pola kotak kotak pada masjid ini dihias dengan rancangan floral alami.

Dibagian atap masjid menyempurnakan keindahan masjid ini terdapat 3 kubah berlapis pualam putih, orang Indonesia biasa menyebutnya sebagai kubah bawang. Di puncak tiga kubah ini dihias dengan ornamen seperti kuntum bunga teratai terbalik yang sangat unik. Kubah di masjid ini sama dengan kubah kubah masjid di Masjid Jami Delhi, merupakan kubah sempurna dengan sisi bawahnya berupa silender seperti drum. Di keempat penjuru atap masjid dihias dengan menara kecil berbalkoni dan dilapis dengan batu pualam halus.

Jemaah sholat hari raya di pelataran Masjid Taj Mahal.

Rancangan lantai masjid dibentuk dengan jelas tiruan dari bentuk sajadah dari bahan batu pualam yang sudah digosok permukaan nya hingga sangat halus dan mengkilap ada sekitar 539 bentuk tiruan sajadah dari batu pualam di lantai dalam masjid ini. Struktur di dalam dan diluar masjid ini benar benar serupa dengan istana peristirahatan (jawab) yang lokasinya berada di sisi timur Taj Mahal, akan sangat sulit membedakan antara kedua bangunan ini. Bila dilihat dari kejauhan dua bangunan yang mengapit Taj mahal ini seakan akan merupakan refleksi dari satu dan lainnya.

Namun hal yang menjadi pembeda interior masjid ini dengan istana peristirahatan tersebut adalah adanya muhrab dan mimbar di dalam masjid ini. di dinding sisi melingkar mihrab masjid Taj Mahal dihias dengan kaligrafi Al-qur’an dari surah ke 91, As-Syams. 

Mihrab dan mimbar di dalam masjid Taj mahal dengan beberapa orang jemaah sedang beribadah.

Di sisi kanan mihrab berdiri mimbar masjid yang juga terbuat dari batu pualam halus. Di pojok atas mihrab dihias dengan kaligrafi berbentuk lingkaran yang mengambil surah 112 (surah Al-Ikhlas) sedangkan di sisi lain Mihrab dihias dengan kaligrafi nama Rosulullah.

Tujuan Wisata Utama di India

Taj Mahal sudah sekian lama menjadi ikon nya India. tak lengkap ke India bila belum ke Taj Mahal, dan tak lengkap bila ke Taj Mahal tapi tidak mampir sholat di masjidnya yang hanya sepelemparan batu jaraknya dari Maosoleum Taj Mahal. Sepanjang tahun tempat ini dibanjiri oleh turis manca Negara maupun turis lokal India. menjadikannya sebagai salah satu pundi pundi penghasilan devisa Negara dari sektor pariwisata India. [Updated 23 Mei 2023]***

5 komentar:

  1. keren banget :) kapan ya bisa sampe ke sana?
    masjid al-iman di belakang hotel sahid di Sudirman juga bagus bentuknya

    BalasHapus
  2. benar..benr indah, baru tau kalau ada batu yg di lukis seperti sajadah.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah sudah sampai sana...sungguh indah

    BalasHapus

Dilarang berkomentar berbau SARA