Sabtu, 19 Maret 2011

Masjid Sentral London (London Central Mosque), Inggris

Masjid Sentral London & Islamic Cultural Center 
(foto dari en.wikipedia)
Masjid Sentral London atau The London Central Mosque and Islamic Cultural Centre (ICC) atau biasa disebut sebagai Masjid Regent's Park, merujuk kepada tempat dimana masjid itu berada. Regent part merupakan kawasan prestisius di kota London. Masjid yang begitu terkenal di Inggris Raya, dibangun sebagai bentuk penghargaan kepada kaum muslimin di Inggris raya yang telah turut serta membela inggris dan sekutu selama perang dunia ke II. Masjid Sental London mengklaim dirinya sebagai islamic center terpenting dan paling aktif di Inggris Raya, Eropa dan Amerika.

Ada kesamaan antara Masjid Sentral London dengan Masjid Agung Brussel di Belgia. Bila Masjid Sentral London dibangun di dalam kawasan Regent's Park kawasan prestisius di jantung kota London, Masjid Agung Brussel di Belgia dibangun di dalam kawasan taman Cinquantenaire Park di jantung kota Brussel. Masjid Sentral London dibangun atas lahan hadiah dari Raja Inggris, maka Masjid Agung Brussel dibangun diatas tanah dan gedung hadiah dari Raja Belgia. Dan kedua masjid ini sama sama melibatkan Raja Saudi Arabia dalam proses pembangunannya.

Lokasi & Alamat Masjid Sentral London

Alamat : 146 Park Road
London NW8 7RG020  7724 3363 ‎  2.6 mi NW
Situs Resmi : www.iccuk.org/


View Masjid Sentral London in a larger map

Sejarah Pembanguan Masjid Sentral London

Masjid Sentral London dirancang oleh Sir Frederick Gibberd, selesai dibangun tahun 1978, dengan kubah keemasan. Ruang utamanya mampu menampung lima ribu Jemaah sekaligus. Ruang sholat untuk jemaah wanita ada di balkoni lantai atas. Seluruh permukaan lantai ditutup dengan karpet dan candilier yang cantik tergantung diatas ruang utama.

Dibagian dalam kubahnya di hias dengan dekorasi tradisi Islam, masjid ini juga dilengkapi dengan toko yang menjual makanan halal dan kafe kecil. Masjid ini juga tergabung dengan Islamic cultural centre yang secara resmi diresmikan oleh Raja George VI tahun 1944 dan diberikan kepada komunitas muslim Inggris Raya. Sedangkan lahan masjid tersebut merupakan donasi dari Raja George VI sebagai imbalan dari lahan untuk Katedral Anglikan di Kairo.


Ba’da sholat Jum’at di Masjid Sentral London (foto dari en.wikipedia)
Berikut Kronologi Sejarah Pendirian Masjid Sentral London

1900 - 1931 keinginan untuk mendirikan masjid di sentral London sudah terlontar, salah satunya di sampaikan oleh Lord Headley, orang Inggris yang sudah beragama Islam. proyek tersebut di prakarsai oleh Nizam dari Hyderabad.

1939 - 1940 Lord Lloyd of Dolobran, (1879-1941), Menteri Luar Negeri Untuk Koloni, dan mantan President Konsul Britis, bekerja bersama dengan Komite masjid, yang terdiri dari beberapa tokoh Islam dan duta besar di London. Lord Lloyd mengirim memo kepada Perdana menteri Inggris dan mengatakan

“hanya London yang memiliki lebih banyak kaum muslimin dibandingkan dengan ibukota negara eropa lain nya, tapi di empirium kita yang nyatanya memiliki lebih banyak kaum muslimin dibandingkan dengan Kristen ternyata ada anomali dan tak sepadan bahwa disini tidak ada satu tempat ibadahpun bagi kaum muslimin”.

Masjid Sentral London dari udara (foto dari google earth)
1940 Pemerintah Inggris di desak untuk menghadirkan sebuah masjid di London untuk Komunitas Muslim Inggris Raya. Pada tanggal 24 Oktober, Otoritas kabinet perang Churchill  mengalokasikan dana sebesar 100 ribu poundsterling untuk megakuisisi sebuah tempat bagi masjid di London. Usaha itu memungkinkan muslim di Inggris membangun sebuah masjid dan Islamic Cultural Centre, sehingga mereka dapat menjalankan ibadahnya. Upaya tersebut juga merupakan suatu penghormatan bagi ribuan tentara muslim India yang tewas dalam perang membela empirium Inggris.

1944 Komite masjid yang terdiri dari beragam tokoh muslim, para diplomat dan warga muslim setempat di Inggris menerima pemberian tersebut dan The Islamic Cultural Centre termasuk London Central Mosque, didirikan dan secara resmi dibuka oleh oleh Raja George VI pada bulan November 1944.

1947 Komite masjid terdaftar sebagai sebuah perseroan dengan nama the London Central Mosque Trust Limited di bulan September. Dengan tujuh orang wakil perseroan dari enam negara Islam.

Matahari merah di Masjid Sentral London (foto dari Matt From London di Flickr)
1954 - 1967 beberapa rancangan masjid dipertimbangkan. Proses perencanaan berjalan begitu lama dan pengajuan ke berbagai otoritas institusi namun pengesahan tak kunjung keluar.

1969 Kompetisi internasional dibuka untuk merancang bangunan masjid dimaksud. Lebih dari seratus rancangan masuk ke panitia, baik dari kaum muslimin maupun dari non muslim. Rancangan yang dipilih adalah rancangan arsitek inggris Frederick Gibberd. Rancangan beliau ini membagi bangunan masjid menjadi dua elemen penting. Ruang utama terdiri dari dua ruang sholat, tiga lantai sayap termasuk entrance hall, perpustakaan, ruang baca, kantor administrasi dan menara.

£2 Juta poundsterling disumbangkan untuk konstruksi masjid dimaksud oleh Raja Faisal Bin Abdul Aziz Al-Saud. Kemudian sumbangan berikutnya dari Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan penguasa Abu Dhabi dan Presiden United Emirat Arab Emirates

Foto dari Panoramio
1974 Pekerjaan konstruksi dimulai dengan mendahulukan komplek utama gedung masjid. Terdiri dari ruang sholat utama, perpustakaan, blok bangunan untuk administrasi dan tempat tinggal.

1977 pekerjaan tersebut selesai di bulan Juli menghabiskan dana £6.5 juta poundsterling. Bertindak sebagai direktur Islamic Center tersebut yang pertama adalah Raja of Mahmudabad. Dan dana sumbangan khusus untuk pembangunan pusat pendidikan dan bangunan sayap untuk administrasi yang selesai dibangun tahun 1994 merupakan sumbangan dari raja Saudi Arabia Raja Fahd bin Abdul Aziz.

Aktivitas dan Fasilitas Masjid Sentral London

Perpustakaan
Islamic Center Masjid Sentral London memiliki perpustakaan terbesar dan tertua di Inggris. Perpustakaan ini memiliki begitu banyak koleksi buku buku pilihan dalam bahasa Arab ataupun berbahasa Inggris. Menjadikan perpustakaan masjid ini sebagai salah satu perpustakaan Islamic Center yang memiliki sumber pustaka terbesar. Selain ini perpustakaan masjid sentral London dilengkapi dengan katalog digital serta dilengkapi juga dengan komputer berakses internet serta fasilitas pengunduhan data.

Jam layanan : Senin Sampai Jum’at buka pukul 9:00 ~ 17:00
Nomor telepon perpustakaan : 020 7725 2235
Alamat email perpustakaan : library@iccuk.org

Masjid Sentral London ditengah musim dingin bersalju (Jamie Barras di Flickr) 
Layanan Keagamaan
Fatwa : ICC Masjid Sentral London memiliki Komisi Fatwa yang terdiri dari lima orang imam yang sangat berdedikasi. Kelima Imam tersebut bertugas memberikan nasihat merujuk kepada Al-Qur’an dan Sunnah Rosulullah. Masing masing imam tersebut fasih berbahasa Arab dan Bahasa Inggris. Departemen Fatwa di ICC Masjid Sentral London ini buka tujuh hari seminggu dari pukul 10:30 hingga 16:30 waktu London. Kelima imam yang bertugas di ICC Masjid Sentral London ini bahkan siap melayani pertanyaan tentang Islam melalui berbagai metoda baik dengan pertemuan langsung, fax, email, surat pos atau dengan mengisi formulir pertanyaan yang sudah tersedia di situs resmi masjid Sentral London. Tidak hanya itu kelima imam masjid ini bahka siap di hubungi langsung ke nomor mereka masing masing.

Pertemuan langsung dengan imam masjid Sentral London di ruang kantor nomor 2, 10, 11 dan 12. email pertanyaan dan fatwa ke fatwas@iccuk.org, faksimili ke nomor 020 7724 0493, atau via telepon, dapat juga dilakukan dengan mengisi formulir pertanyaan yang sudah disediakan di situs resmi ICC. bisa juga dengan berkirim surat ke alamat berikut :

The Fatwa Committee
The Islamic Cultural Centre & The London Central Mosque
146 Park Road. London NW8 7RG

Toko Buku di Masjid Sentral London 
(foto dari en.wikipedia)
Pendidikan
ICC Masjid Sentral London menyelenggarakan pendidikan agama Islam untuk kanak kanak 5 sampai 16 tahun di sekolah Ahir Pekan Al-Kalam. Untuk layanan sekolah ahir pekan ini dapat di hubungi di nomor Telepon 07956504179 atau email: weekendschool@iccuk.org.

Pernikahan dan perceraian
ICC Masjid Sentral London juga memberikan pelayanan pernikahan dan perceraian sesuai dengan syariah Islam. Prosesi akad nikah diselenggarakan di masjid dipimpin oleh salah satu dari imam Masjid dan resepsi pernikahan biasanya diselenggarakan di ruang serbaguna ICC yang sudah di tata sedemikian rupa untuk penyelenggaraan resepsi pernikahan sesuai dengan syariah Islam.

Calon pengantin yang berniat melaksanakan akad nikah dan resepsi di ICC masjid sentral London ini harus memenuhi persyaratan administrasi yang sudah ditetapkan oleh ICC dan juga harus memenuhi persyaratan administrasi pemerintah Inggris dan Negara asal dari calon mempelai bila salah satu atau kedua mempelai bukan warga negara Inggris. ICC Masjid Sentral London akan mengeluarkan dua surat nikah resmi, satu untuk mempelai dan satu lagi akan disimpan dengan baik oleh ICC Masjid Sentral London sebagai arsip.

Layanan Kesehatan Masyarakat
ICC Masjid Sentral London juga memberikan layanan kesehatan berupa saran kesehatan publik, informasi makan sehat, kesehatan dan keselamatan ditempat kerja, panduan kehalalan makanan serta panduan kesehatan online. Masjid ini juga memberikan panduan komprehensif diet yang Islami. Mencakup makanan halal sesuai ajaran Islam sampai kepada penyelenggaraan pameran kesehatan Islami, panduan perdanganan makanan muslim dan panguan belanja makanan halal bagi.

Pengurus Masjid

Kepengurusan Masjid Sentral London sudah terdaftar sejak bulan September tahun 1947.  Semestinya pendaftaran itu sudah terlaksana sejak tahun 1944 namun tertunda akibat perang sipil yang terjadi ditahun tersebut. Dewan pembina masjid ini terdiri dari korp diplomatik dari negara negara Islam masing masing terdiri dari Uni Emirat Arab, Bahrain, Iran, Yordania, Kuwait, Malaysia, Maroko, Oman, Pakistan, Qatar, Saudi Arabia dan Syria.


Foto Foto Masjid Sentral London

Foto dari de.academic
Interior Masjid Sentral London (foto dari sacret-destinations)
Masjid Sentral London dibalik pepohonan regent Park (foto dari Normann di Flickr)
Masjid Sentral London (foto dari sacret-destinations)
Aerial view masjid Sentral London (foto dari BBC)
Referensi

Situs resmi London Central Mosque http://www.iccuk.org
London Central Mosque di wikipedia
Sacret-destinations.com – Regent Park Mosque, London


2 komentar:

  1. Subhanallah, saya takjub melihat perkembangan Islam di London

    BalasHapus

Dilarang berkomentar berbau SARA